Apakabar sahabat blogger, sebelumnya penulis membahas
tentang mengenal Facebokk, nah kali ini penulis akan membahas tentang Analisis
Media Sosial Twiter, yuk mari kita simak pembahasanya.
Twitter dalah layanan jejaring sosial dan mikroblog
daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis
teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Twitter
didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey, dan situs jejaring sosialnya
diluncurkan pada bulan Juli. Sejak diluncurkan, Twitter telah menjadi salah
satu dari sepuluh situs yang paling sering dikunjungi di Internet, dan dijuluki
dengan “pesan singkat dari Internet.” Di Twitter, pengguna tak terdaftar hanya
bisa membaca kicauan, sedangkan pengguna terdaftar bisa menulis kicauan melalui
antarmuka situs web, pesan singkat (SMS), atau melalui berbagai aplikasi untuk
perangkat seluler.
Twitter mengalami pertumbuhan yang pesat dan dengan cepat
meraih popularitas di seluruh dunia. Hingga bulan Januari 2013, terdapat lebih
dari 500 juta pengguna terdaftar di Twitter, 200 juta di antaranya adalah
pengguna aktif. Lonjakan penggunaan Twitter umumnya berlangsung saat terjadinya
peristiwa-peristiwa populer. Pada awal 2013, pengguna Twitter mengirimkan lebih
dari 340 juta kicauan per hari, dan Twitter menangani lebih dari 1,6 miliar
permintaan pencarian per hari. Hal ini menyebabkan posisi Twitter naik ke
peringkat kedua sebagai situs jejaring sosial yang paling sering dikunjungi di
dunia, dari yang sebelumnya menempati peringkat dua puluh dua.
Tingginya popularitas Twitter menyebabkan layanan ini
telah dimanfaatkan untuk berbagai keperluan dalam berbagai aspek, misalnya
sebagai sarana protes, kampanye politik, sarana pembelajaran, dan sebagai media
komunikasi darurat. Twitter juga dihadapkan pada berbagai masalah dan
kontroversi seperti masalah keamanan dan privasi pengguna, gugatan hukum, dan
penyensoran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar