Senin, 07 Maret 2016

Analisis Istilah_istilah di Media Sosial Twiter

Apakabar sahabat blogger, sebelumnya penulis membahas tentang mengenal Facebokk, nah kali ini penulis akan membahas tentang Analisis Istilah_istilah di Media Sosial Twiter, yuk mari kita simak pembahasanya.
Disini anda harus mengetahu atau mungkin mempelajari istilah-istilah dasar yang biasa digunakan oleh pengguna twitter. Lihat berikut ini istilah-istilah dasar atau umum.

Follower : dalam bahasa indonesia adalah pengikut yaitu orang yang mengikuti / follow kita, para followers ini yang nantinya akan melihat semua aktifitas, tulisan atau status anda.

Following : dalam bahasa Indonesia adalah mengikuti, artinya siapa saja orang yang anda ikuti. Jika Anda mengikuti atau mem-follow akun twitter seseorang, maka anda-pun akan mengetahui aktivitas dari mereka (seperti status dan sebagainya).

Reply : dalam bahasa indonesia artinya balas. Jika Anda ingin membalas atau merespon tweet orang yang anda ikuti, cukup klik ‘Reply’ dan tuliskan pesan balasan anda.

ReTweet : bahasa kerenya disingkat RT. RT sendiri dimaksudkan menjadikan tweet seseorang yang anda ikuti untuk masuk menjadi Tweet anda. Biasanya orang melakukan RT ini berpendapat bahwa Tweet orang tersebut bermanfaat/ penting/ keren / dan ingin membaginya dengan followernya.

@ : istilah ini disebut Mention dan biasanya diawali tanda @ yang berfungsi untuk menyebut pengguna twitter tertentu yang merupakan follower anda. Saya contohkan anda ingin memanggil salah satu followers anda. @Dinda hey kamu lagi ngapain?. Nah otomatis si dinda akan mengetahui bahwa anda menyapa dia, dan dia akan membalas sebutan anda.

# : istilah Hastag dengan simbol # seperti yang sudah kita bahas di atas, yaitu untuk berdiskusi dan membahas topik yang sama.

Direct Message / DM : berfungsi untuk mengirim pesan secara pribadi via inbox ke pengguna twitter lain. DM ini bersifat privasi atau pribadi jadi yang mengetahui hanya pengirim dan yang dikirimi saja.

Trending Topic : istilah ini merupakan istilah pada topik yang sedang ramai dibahas di Twitter, bisa secara global di dunia atau di negara sendiri, tergantung pengaturan anda untuk menampilkan trending topik global atau regional.

Favorites : fitur menyimpan tweet siapa saja agar tidak hilang dan dapat anda lihat sewaktu-waktu.

Connect : istilah merupakan fitur baru Twitter Connect yang berfungsi untuk mengetahui segala aktifitas yang terjadi di twitter, mulai dari mention, retweet, tweet favorit, orang yang mem-follow, dan interaksi kita dengan pengguna twitter lain.

Discover : merupakan fitur untuk mengikuti perkembangan yang sedang menjadi topic hangat atau yang menjadi trending topic, baik bersekala internasional maupun regional semisal di Indonesia saja.

Embed tweet on your websites : Fitur sangat juga bermanfaat untuk yang aktif blogging. Fungsinya untuk memasukan foto dan video yang berasal dari Twitter ke website atau blog dengan script dari Twitter, tidak jauh berbeda seperti memasukan video Youtube ke website / blog.

Analisis Asal Mula Media Sosial Twiter

Apakabar sahabat blogger, sebelumnya penulis membahas tentang mengenal Facebokk, nah kali ini penulis akan membahas tentang Analisis Asal Mula Media Sosial Twiter, yuk mari kita simak pembahasanya.

Asal mula Twitter berawal dari acara diskusi yang diselenggarakan oleh sebuah perusahaan podcast bernama Odeo. Jack Dorsey, seorang mahasiswa sarjana di Universitas New York, mengemukakan gagasannya mengenai penggunaan layanan pesan singkat untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Nama kode proyek asli untuk layanan ini adalah twttr, gagasan yang kemudian diungkapkan oleh Evan Williams dikemukakan oleh Noah Glass; terinspirasi oleh Flickr dan kode singkat SMS Amerika yang jumlahnya lima digit. Para pengembang awalnya memutuskan angka “10958” sebagai kode singkat untuk layanan ini, namun kemudian diubah menjadi “40404” untuk kemudahan “penggunaan dan pengingatan.” Pengerjaan proyek ini dimulai pada tanggal 21 Maret 2006, ketika Dorsey memublikasikan pesan Twitter pertamanya pada pukul 9:50 PM PST. Pesan tersebut berbunyi: “just setting up my twttr”….kami memilih kata ‘twitter’, dan itu sempurna. Defenisinya adalah ‘ledakan singkat informasi tidak penting’, dan ‘celotehan burung’. Dan seperti itulah tepatnya produk ini. – Jack Dorsey
Twitter pertama kali digunakan sebagai layanan internal bagi karyawan Odeo, dan versi lengkapnya diperkenalkan kepada publik pada tanggal 15 Juli 2006. Pada bulan Oktober 2006, Biz Stone, Evan Williams, Dorsey, dan staf Odeo lainnya membentuk perusahaan baru, mengakuisisi Odeo dan semua asetnya – termasuk Odeo.com dan Twitter.com – dari investor dan pemegang saham. Williams lalu memecat Glass, yang tidak mengungkapkan mengenai perannya dalam pendirian Twitter hingga tahun 2011. Twitter berdiri sebagai perusahaan mandiri pada bulan April 2007.
Titik puncak popularitas Twitter terjadi saat penyelenggaraan konferensi South by Southwest Interactive (SXSWi) pada tahun 2007. Selama acara tersebut, penggunaan Twitter meningkat dari 20.000 kicauan menjadi 60.000 kicauan per hari. Menurut Steven Levy dari Newsweek, “Orang-orang Twitter dengan cerdik menempatkan layar plasma 60 inci di aula konferensi, yang secara eksklusif menayangkan pesan Twitter. Para panelis dan pembicara membicarakan layanan tersebut, dan para blogger yang hadir memujinya.”
Reaksi publik pada konferensi tersebut sangat positif. Blogger Scott Beale berkata bahwa Twitter “benar-benar merajai” SXSWi. Pakar media sosial, Danah Boyd, mengatakan bahwa Twitter “menguasai” konferensi. Staf Twitter menerima penghargaan Web Award, dan menyatakan: “kami ingin mengucapkan terima kasih dalam 140 karakter atau kurang. Dan kami baru saja melakukannya!”.

Pada awal pendiriannya, CEO Twitter, Inc. dijabat oleh Jack Dorsey. Pada tanggal 16 Oktober 2008, Evan Williams mengambil alih posisi CEO, sedangkan Dorsey menjadi pimpinan eksekutif. Pada 4 Oktober 2010, Williams mengumumkan bahwa ia mengundurkan diri sebagai CEO. Dick Costolo, yang sebelumnya menjabat sebagai COO, menjadi CEO baru Twitter, Inc. Menurut blog Twitter pada tanggal 4 Oktober 2010, Williams tetap bekerja di perusahaan dan “berfokus pada strategi produk.”

Analisis Mengenal Media Sosial Twiter

Apakabar sahabat blogger, sebelumnya penulis membahas tentang mengenal Facebokk, nah kali ini penulis akan membahas tentang Analisis Media Sosial Twiter, yuk mari kita simak pembahasanya.

Twitter dalah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Twitter didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey, dan situs jejaring sosialnya diluncurkan pada bulan Juli. Sejak diluncurkan, Twitter telah menjadi salah satu dari sepuluh situs yang paling sering dikunjungi di Internet, dan dijuluki dengan “pesan singkat dari Internet.” Di Twitter, pengguna tak terdaftar hanya bisa membaca kicauan, sedangkan pengguna terdaftar bisa menulis kicauan melalui antarmuka situs web, pesan singkat (SMS), atau melalui berbagai aplikasi untuk perangkat seluler.
Twitter mengalami pertumbuhan yang pesat dan dengan cepat meraih popularitas di seluruh dunia. Hingga bulan Januari 2013, terdapat lebih dari 500 juta pengguna terdaftar di Twitter, 200 juta di antaranya adalah pengguna aktif. Lonjakan penggunaan Twitter umumnya berlangsung saat terjadinya peristiwa-peristiwa populer. Pada awal 2013, pengguna Twitter mengirimkan lebih dari 340 juta kicauan per hari, dan Twitter menangani lebih dari 1,6 miliar permintaan pencarian per hari. Hal ini menyebabkan posisi Twitter naik ke peringkat kedua sebagai situs jejaring sosial yang paling sering dikunjungi di dunia, dari yang sebelumnya menempati peringkat dua puluh dua.
Tingginya popularitas Twitter menyebabkan layanan ini telah dimanfaatkan untuk berbagai keperluan dalam berbagai aspek, misalnya sebagai sarana protes, kampanye politik, sarana pembelajaran, dan sebagai media komunikasi darurat. Twitter juga dihadapkan pada berbagai masalah dan kontroversi seperti masalah keamanan dan privasi pengguna, gugatan hukum, dan penyensoran.

Analisis Kelebihan dan Kekurangan Media Sosial Facebook

Apakabar sahabat blogger, sebelumnya penulis membahas tentang mengenal Facebokk, nah kali ini penulis akan membahas tentang Analisis Kelebihan dan Kekurangan Media Sosial Facebook, yuk mari kita simak pembahasanya.
Kelebihan dan Kekurangan Facebook sebenarnya tergantung kita yang menggunakan,bisa positif atau bahakan berdampak negative diantaranya:

Kelebihan
jika kita yang berjiwa-jiwa narsis ini, facebook adalah sarana yang cocok untuk mengapload beratus-ratus foto yang pada akhirnya orang lain bisa melihat diri kita, mengenal kita hanya dengan sebuah foto saja, seakan-seakan foto terkesan berbicara, padahal hanya dunia maya saja!.
TimeLine yang bisa dikatakan unlimited, shared apapun, maupun itu foto, youtube, musik, atau lain-lainnya yang bisa kita share kepada teman-teman, facebook lebih cendrung lebih terbuka dan mudah dibandingkan jenis sosial network lainnya, emang sih pada dasarnya Mark Zuckerberg pencipta facebook ini ingin membuat dunia lebih terbuka, di Facebook kita bisa mengadd sembarang teman seperti teman sekolah,rumah, maupun bukannya siapa-siapa yang kita kenal pun menjadi teman :).
Memiliki dinding Profile yang terlengkap, profile sangat penting dan menarik untuk sebuah hubungan pertemanan di Facebook, orang lain bisa melihat profile kita, apa jabatan kita, kita sekolah dimana, hobi dan kesukaan kita,dan lainnya. Dengan kelengkapan inilah facebook digemari tidak hanya kalangan kaula muda saja, bahkan orang dewasa memanfaatkan facebook dengan hal baik dan positif.
Penghubung yang terbaik dalam instalasi, dan pencarian yang mudah. Contoh kita sekolah di sekolah A, pada saat itu kita mencari teman yang dahulunya bersekolah di sekolah A tersebut, lalu add teman-teman yang dulunya bersekolah si sekolah A itu, jadi kita bisa tahu siapa saja yang dulunya bersekolah disekolah A, dan dapat memberi tahukan siapa saja yang ulang tahun hari ini juga, kita bisa menemukan teman kita dengan mencari namanya di pencarian. Facebook sangatlah praktis dalam share ngshare, membuat acara, berkumpul, membuat diskusi dan sebagainya.
Sebagai ajang Promosi dan Iklan. tidak hanya itu saja facebook bisa dikatakan cepat dan mudah dalam pemasaran penjualan dan bisnis apa saja yang kita inginkan,
Facebook memiliki fitur game didalam applikasinya, facebook bisa dikatakan sosial network yang serba wah, kita bisa sangat gaul dengan facebook, fitur facebook bukan hanya sebagai ajang chat, komunikasi, share dan sebagainya, facebook pun menyediakan berbagai fitur game pula didalamnya. salah satunya ialah zynga poker, walaupun ini sebuah game yang bisa dikatakan judi dalam dalam dunia maya, namun disinilah facebook sangatlah mengasyikan dalam penyediaan berbagai fitur game didalamnya.
Kekurangan
walau facebook sepertinya memiliki kesempurnaan dalam kecanggihan sosial networknya, masih ada kekurangan didalam facebook, seperti makin banyaknya pengguna Facebook dan juga masih ada plagiat disana sini, seperti memberi nama sama dengan artis, foto yang di unduh sama, sehingga kita tidak tahu mana orang itu yang asli dan mana yang bukan,
Mudah sekali orang lain mengambil foto kita dan Foto yang diupload atau download adalah foto-foto porno, sehingga dengan mudah dan bebasnya orang yang menggunakan Facebook dengan niat yang negatif dengan mudah dia melakukannya di Facebook ini
Ajang menjatuhkan orang, gosip maksudnya, atau hinaan lewat komen jika si pengguna salah dalam menggunakannya, begitu terbukanya TimeLine Beranda didalam Facebook bisa semakin rentangnya keamanan privasi yang kita miliki.

Analisis Mengenal Media Sosial InteLokal Facebook

Apakabar sahabat blogger, sebelumnya penulis membahas berbagai macam medsos Lokal dan Interlokal, nah kali ini penulis akan membahas Medsos yang paling banyak di gunakan oleh masyarakat yaitu Facebook, Pembahsan kali ini kita akan membhas tentang Analisis Mengenal Media Sosial InteLokal Facebook, yuk mari kita simak pembahasanya.

Facebook adalah salah satu situs jejaring sosial yang paling fenomenal sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2004 hingga sekarang. Pengguna akun Facebook hingga tahun 2015 ditaksir sekitar 1,44 miliar di seluruh dunia, hal ini menyebabkan foundernya Mark Zuckerberg menjadi pengusaha kaya termuda di dunia. Facebook sendiri memiliki fungsi utama sebagai media soasial yang dapat menghubungkan Anda dengan orang-orang di seluruh dunia. Biasanya, dunia Facebook juga disebut sebagai dunia maya. Karena tidak semua yang ada di dalam Facebook sesuai dengan dunia nyata atau aslinya. Namun sebenarnya peran jejaring sosial ini sendiri adalah untuk merepresentasikan dunia nyata pengguna akun ke dalam media sosial agar dapat terhubung dengan orang-orang di kehidupan aslinya. Oleh sebab itu, tidak dianjurkan untuk memalsukan apapun di dalam akun Anda.



Cara memiliki akun Facebook juga sangat mudah dan simpel. Bekal pertama yang Anda perlukan ialah alamat email. Setelah memiliki email, maka Anda dapat membuka facebook.com. Pada link tersebut Anda akan diberikan petunjuk mengenai cara-cara mendaftarkan diri untuk membuat akun Facebook. Seperti media sosial pada umumnya, Facebook juga membutuhkan data diri Anda yang sesuai dengan kartu ID. Hal ini juga dapat membantu Anda untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti pemalsuan akun oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Setelah mengisi data diri secara lengkap, maka Anda dapat langsung mendaftar dan memiliki akun Facebook. Pada akun tersebut juga ada perintah untuk mengisi profil Anda secara menarik. Setelah itu, Anda dapat memulai untuk menambah jumlah teman Anda di Facebook. Anda juga dapat melakukannya melalui saran pertemanan yang dilakukan oleh teman Anda agar jumlah kontak di Facebook semakin banyak.