Rabu, 24 Februari 2016

Mengenal E-Commerce (Part 2)

     Apakabar sahabat blogger,di posthingan sebelumnya penulis membahas tentang definisi atau mengenal E-Commerce, kali ini penulis akan membahas tentang konsep klasifikasi dari E-Commerce, yukk kita simak materinya,,,
 
      E-Commerce terbagi dalam beberapa Klasifikasi, salah satunya diantaranya yaitu :
    
           KLASIFIKASI E-COMMERCE :
       >>Business-to-Business (B2B).
       Yaitu Sistem komunikasi bisnis online anatar pelaku bisnis, Commerce penjual dan pembelinya adalah Perusahaan yang melakukan transaksi dan menjadi partners yang sudah saling mengenal terjadi kesepakatan tentang format data yang telah disepakati. contoh : wal – mart dengan waner-lamber
     >> Business-to-Consumer (B2C).
       jenis perdagangan Elektronik dimana ada perusahaan yang melakukan penjualan langsung barang-barangnya kepada si pembeli, Disini penjual adalah Perusahaan dan pembeli perseorangan. contoh : Barnes & Nobles, Cisco,    Dell, Compac dan sebagainya.
       >>Consumer-to-Consumer (C2C).
       Yaitu Sistem komunikasi dan transaksi bisnis, dimana seorang menjual produk atau jasa ke orang lain antara konsumen untuk memenuhi kebutuhan khusus. Yang jual perseorangan dan yang beli juga perseorangan. contoh : eBay
      >>Consumer-to-Business (C2B).
       Perseorang/individu yang menjual produk ke perusahaan, saling berinteraksi dan menyepakati transaksi.
       >>Nobusiness e-Commerce
       Digunakan oleh banyak Perusahaan non bisnis untuk mengurangi biaya (misalnya memperbaiki purching)
       >>Inteabusiness e-Commerce
      Semua aktivitas intern Perusahaan biasanya dijalankan di internet, yang melibatkan pertukaran  barang dan lain lain

Mengenal E-Commerce Sejarah Bukalapak.com

Apakabar sahabat blogger, di posthingan sebelumnya membahas tentang Analis sistem Bukalapak.com, alangkah lebih baiknya kita juga mengenal lebih lanjut mengenai situs Bukalapak, yukk mari kita simak pembahasan yang beberapa yang sudah penulis simpulkan ...
        Bukalapak adalah salah satu pasar atau tempat jual beli online. dimana dari pihak bukalapak tersebut tidak menggelar barang dagangan mereka, melainkan menyediakan tempat atau wadah bagi para pelapak atau penjual untuk menjual barang dagangan di situs mereka. jadi si penjual tidak perlu capek capek membuat web atau blog lagi untuk menjual barang dagangan mereka.
penjual hanya perlu membuat akun untuk memposting barang dagangan mereka, tidak lupa si pembeli juga harus membuat akun untuk membeli barang, tapi ada juga pembeli yang tidak mau membuat akun, dan biasanya para penjual mencantumkan nomor handphone mereka agar mudah di hubungi. mereka bisa saja melakukan transaksi tanpa perlu melalui pihak bukalapak tapi kemungkinan terjadinya penipuan lebih besar. dengan adanya akun dikedua belah pihak, menjamin semua transaksi 100% aman dengan payment sistem (rekening bersama).
SEJARAH
Bukalapak didirikan oleh achmad Zaky pada awal tahun 2010 sebagai divisi agensi digital bernama suitmedia di Jakarta. tapi pada bulan september 2011 berstatus sebagai Perseroan Terbatas (PT), dikelola oleh manajemen yang dipimpin oleh Achmad Zaky sebagai CEO (Chief Executive Office) dan Nugroho Herucahyono CTO (Chief Technology Officer).
Setelah setahun berdiri , bukalapak dapat penambahan modal dari batavia incubator. di tahun 2012 bukalapak menerima tambahan investasi dari GREE Ventures. Kemudian di bulan maret 2014 bukalapak kembali mengumumkan investasi oleh Aucfan, IREP, 500 Startups dan GREE Ventures.
Tak lama berselang tanggal 18 Maret 2014, Bukalapak meluncurkan aplikasi seluler untuk android, tercatat sudah lebih dari 1.000.000  unduhan oleh user bukalapak hingga saat ini.

Fitur-Fitur E-commerce Tokopedia.com

Apa kabar sahabat blogger, di posthingan sebelumnya kita sudah menganal E-Commerce Tokopedia.com, kali ini saya akan membahas mengenai Fitur-Fitur yang ada di Tokopedia.com, yuk kita simak !!!

Tokopedia.com memiliki 5 macam Fitur, diantaranya :


·        JNE Online Booking 
Untuk semakin memudahkan proses pengiriman, Tokopedia mendukung sistem otomatis untuk pengiriman menggunakan JNE. Dengan fitur ini, penjual tidak perlu lagi repot untuk memasukkan nomor resi secara manual. 
·        User Management/Pengaturan Admin
User Management atau Pengaturan Admin merupakan fitur berbayar yang disediakan oleh Tokopedia bagi kita yang memiliki toko dengan penjualan yang tinggi dan sering kewalahan mengelola toko sendiri. Dengan menggunakan fitur ini, kita juga bisa menambahkan beberapa orang (maksimal 10 orang) sebagai admin toko Anda.
·        Tokopedia TopAds
TopAds adalah fitur yang ditawarkan oleh Tokopedia untuk mempromosikan toko ataupun produk dari toko kita, serta memungkinkan toko dan produk yang kita jual dapat dilihat dan dibeli oleh lebih banyak pembeli di Tokopedia.
·        Pusat resolusi tokopedia
Pusat Resolusi adalah fitur yang disediakan oleh Tokopedia untuk memfasilitasi penyelesaian masalah transaksi antara pembeli dan penjual. Tokopedia juga menjamin keamanan transaksi kita dengan menahan dana pembayaran agar tidak langsung diteruskan ke penjual hingga masalah selesai.  penjual.
·        Gold Merchant

 fitur tambahan berbayar yang di sediakan untuk para penjual dan dapat memberikan kemudahan bagi penjual dalam mengelola toko onlinenya. Fasilitas tambahan yang tersedia jika berlangganan Gold Merchant ini antara lain: informasi toko fisik pada katalog, perhitungan kurs dollar, 

Analisis E-Commerce Proses Bisnis dan Produk di Tokopedia

  Apakabar sahabat blogger, di posthingan sebelumnya saya sudah membahas tentang, sejarah, dan fitur fitur yang ada di Tokopedia, kali ini saya akan membahas tentang proses bisnis di Tokopedia 

   Proses bisnisnya
       Tokopedia sendiri menjelaskan di situs mereka bahwa keuntungan bagi pembeli dengan pembayaran UNIK yaitu proses verifikasi pembayaran yang instan, yang memungkinkan penjual lebih cepat menerima order dan barang yang dijual bisa lebih cepat sampai ke pembeli. Sedangkan untuk penjual, keuntungan yang ditawarkan adalah perluasan pasar pada para pengguna UNIK yang ingin membeli di berbagai merchant Tokopedia. Pilihan pembayaran baru selain yang sudah ada ini ingin memberikan transaksi online yang lebih cepat dan mudah. 
      Berbagai macam produk bisnis di tokopedia :
               >Pakaian
               >Fashion dan Aksesoris
               >Kecantikan
               >Rumah Tangga
               >Dapur
               >Perawatan Bayi
               >Handpone dan Tablet
               >Laptop dan Aksesoris
               >Elektronik
               >Kamera, Foto dan Video
               >Otomotif
               >Olahraga
               >Office dan Stationery
               >Sourvenir, Kado dan Hadiah
               >Mainah dan Hobi
               >Makanan dan Minuman
               >Buku
               >Software
               >Film, Musik dan Game




Analisis E-Commerce Layanan Di Lazada

Apakabar sahabat blogger, di posthingan sebelumnya kita sudah membahas dan mengenal fitur-fitur, dan cara menggunakan layananya, tentu kita juga harus tau apa saja ketentuan-ketentuan layanan yang ada di Lazada.
Di dalam E-Commerce Lazada terdapat beberapa ketentuan fasilitas layana seperti :

·         Bayar di Tempat
Layanan Bayar di Tempat ini adalah layanan metode pembayaran dimana pelanggan dapat membayar barang yang dipesan kepada kurir/tukang antar barang, saat mereka menerima barang pesanan mereka, Layanan bayar ditempat ini bisa dilakukan di kota-kota besar di Indonesia.

·         Pengembalian barang Selama 14 Hari
Layanan pengembalian barang ini Lazada Indonesia memberikan waktu 14 hari kepada para pelanggan untuk melakukan penukaran barang atau pengembalian uang, jika terdapat kerusakan atau tidak sesuainya barang pesanan kita. Pengembalian barang juga bisa kita lakukan dengan cara mengisi formulir online di website Lazda kemudian pengembalian akan diproses.

·         Gratis Ongkir (Ongkos Pengiriman)
Pada Layanan ini Lazada Indonesia memberikan gratis ongkos pengiriman di Indonesia bagian barat dan tengah, dengan minimal pembelian sebesar Rp 200.000.

·         Program Cicilan 0%

Pada Layanan ini Lazada menawarkan system cicilan dengan bunga 0%untuk setiap pembelian produk produk Lazada, Sistem cicilan ini biasanya memiliki janga waktu sampai 3bulan dan 6 bulan, untuk semua produk yang ada di Lazada dengan minimal batas pembelian sekitar Rp.1.000.000,-. Adapun Bank yang telah bekerja sama dengan Lazada ini seperti BCA, Bank Danamon< Bll, dan Standard Chartered Bank, dengan catatan jika pelanggan melakukan pembelian dengan menggunakan kartu kredit dari bank yang menjadi patner LAZADA bisa mengikuti program angsuran ini.