Minggu, 28 Februari 2016

Analisis Layanan E-Commerce Elevenia.co.id

Apakabar sahabat blogger, diposthingan sebelumnya penulis membahas tentang Mengenal Elevenia.co.id, setelah kita mengenalnya, kali ini penulis akan membahas materi mengenai Layanan apa saja yang ada di E-Commerce Elevenia, yukk, mari kita simak materinya.

Elevenia mempunyai Layanan yang disediakan melalui perangkat desktop, tetapi elevenia juga bisa diakses melalui mobile application yang sudah tersedia di Google Play untuk pengguna Android dan juga di Apple Store untuk pengguna iOS.
Hal lain yang menarik dari elevenia adalah fasilitas dan pelayanan yang mereka berikan kepada para calon pembeli. Fasilitas yang elevenia berikan yaitu  sesi edukasi melalui program training dan seminar secara rutin serta fasilitas foto studio. Mereka juga dapat konsultasi langsung dengan tim CRO, (Customer Relationship Officer). Melalui sellerzone.elevenia.co.id Seller pun dapat mendownload tutorial dan reservasi training dan foto studio.
Hingga tahun 2015, tercatat lebih dari 5000 seller sudah menggunakan fasilitas ini. Lokasi Seller Zone pun tidak hanya di satu tempat. elevenia memiliki tiga lokasi Seller Zone yaitu di Mangga Dua, Tanah Abang dan Plasa 89.
Selain memberikan kemudahan untuk para calon pembeli, elevenia juga tidak lupa memberikan penawaran menarik untuk para membernya. Di elevenia, ada satu penawaran khusus setiap tanggal 11 bernama "elevenia Day. Promo ini memberikan 11% untuk semua produk. Inilah salah satu cara elevenia membahagiakan para membernya.
Di Elevenia juga ada Gratis Voucher 1 Juta untuk pembeli mereka, dan saat ini ada juga Voucher hingga mencapai nilai 3 juta.



Mengenal E-Commerce Elevenia.co.id


Apakabar sahabat blogger, di posthingan sebelunya kita sudah membahas tentang Analisis E-Commerce, Tokopedia,Lazada,Bukalapak,Tokobagus/OLx dan juga Travaloka.com, nah kali ini penulis akan membahas tentang E-Commerce Elevenia, situs ini sama halnya dengan situs yang sudah penulis bahas, menerapkan konsep E-Commerce belanja online, yuk, mari kita simak pembahasanya.
Mengenal E-Commerce Elevenia.com :
Elevenia adalah situs belanja online dengan memiliki konsep open marketplace nomor 1 di Indonesia yang memberikan kemudahan dan keamanan berbelanja bagi calon pembeli. Nah di situs ini juga menawarkan berbagai macam produk untuk pecinta belanja online. Hingga hari ini, tercatat bahwa elevenia menawarkan lebih dari 2 juta produk dari 16.000 seller yang terbagi dalam 8 kategori yaitu: fashion, beauty/health, babies/kids, home/garden, gadget/komputer, elektronik, sports/hobby, service/food.
Pada bulan Februari 2015, elevenia telah berhasil menambah seller hingga lebih dari 23,000 seller dan live listing 2 juta produk. Dalam satu tahun, elevenia juga berhasil menggapai 1 Juta pengguna dan mengirim lebih dari 400,000 ribu produk[1]. Selain itu, mereka juga mampu meraih pendapatan sebesar 250 Milyar Rupiah pada tahun 2014. Dalam tahun kedua mereka, elevenia mentargetkan untuk bisa mencapai penghasilan sebesar Rp. 1,1 Trilyun


Analisis Mengenal E-Commerce (part 3)

Apakabar sahabat blogger, di posthingan sebelumnya penulis sudah membahas Mengenal E-Commerce, dan juga Klasifikasinya, nah ternyata selain itu, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan, dalam mentranformasikan layanan menjadi E-goverment
Macam macam layanan antar lembaga pemerintah yang berbeda tempat.
Transformasi dari pemberian layanan pemerintah secara tradisional atau fisik dengan embel embel spanduk, dan diimplementasikan penuh menjadi layanan pemerintah secara  online.
Terdapat enam tahap dalam mentransformasikan menjadi E-goverment :
>>Publikasi penyebaran berita
>>Transaksi dua arah “secara resmi” dengan sebuah departement dalam waktu yang sama
>>Pengelompokan layanan umum
>>Personalisasi portal tiap wilayah
>>Portal multiguna
>>Integrasi penuh dan transformasi seksi-seksi tertentu
>>M-Commerce (Perdagangan mobile)
Ketika E-commerce dilakukan pada jaringan nirkabel, misalnya dari smartphone untuk mengakses interner, dan melakukan transaksi. Hal ini disebut M-commerce.



Analisis Fitur E-Commerce Bukalapak.com

Apakabar sahabat blogger, di posthingan sebelumnya penulis membahas tentang Kelebihan dan Kekurangan Bukalapak.com, Nah kali ini penulis akan membahas tentang Fitur yang ada di buka lapak.com, yukk, mari kita simak pembahasanya.

Bukalapak.com mempunya fitur-fitur yang sangat bermanfaat bagi para calon pembeli dan pelapak, diantranya yaitu memiliki fitur :

>>Notifikasi SMS setiap ada pesanan
        Penjual akan mendapatkan SMS (jaringan GSM) setiap ada pesanan. Penjual bisa fokus jualan online tanpa buang-buang waktu melayani calon pembeli yang tidak serius.
>> Feedback positif setiap transaksi sukses
         Penjual akan mendapatkan feedback positif secara otomatis dari sistem walaupun pembeli tidak memberikan feedback saat transaksi.
>>Kepastian menerima uang pembayaran
          Penjual langsung menerima uang pembayaran setelah pembeli mengkonfirmasi penerimaan barang atau 1×24 jam setelah barang terkirim menurut kurir.
>>Prioritas di mesin pencarian
          Setiap halaman barang penjual telah melalui proses SEO(Search Engine Optimization) agar tampil lebih unggul di mesin pencarian seperti Google dan lainnya.
>>Perhitungan ongkos kirim otomatis
          Penjual tidak perlu repot menghitung ongkos kirim karena sistem akan otomatis menghitung ongkos kirim yang harus dibayar oleh pembeli.


Analisis Kekurangan E-Commerce Tokobagus.com yang berubah menjadi OLx.com

Apakabar sahabat blogger, di posthingan sebelumnya penulis membahas tentang Kelebihan E-Commerce Tokobagus.com yang saat ini berubah menjadi OLx.com, Biasanya penulis membahas Kelebihan dan kekurangan dalam satu pembahasan, tetapi kali ini penulis membahas menjadi 2 pembahsan, Maklum saja hehehe, kemaren penulis membahas Kelebihan kepanjangan, tau sendiri kebanyakan dari pembaca, tidak terlalu suka dengan artikel panjang, ada yang bilang cape bacanya, klo pemnahasan singkat padat dan jelas, biasanya bacanya simple dan kita lebih memahami materinya.

Tokobagus.com yang saat ini berubah menjadi OLx.com mempunya kekurangan yang lumayan bikin kita harus waspada juga, apalagi, kekurangannya itu dalam proses transaksi salah satunya, nah untuk lebih jelasnya, yukk, kita siamak pembahsanya,

Tokobagus yang saat ini menjadi OLx.com mempunya kekurangan, diantaranya :

>>Transaksi bisa sedikit tidak aman
Karena Tokobagus bertindak hanya sebagai perantara, otomatis transaksi tidak kita lakukan dengan pihak Tokobagus tapi dengan pemilik barang. Inilah yang membuat kita lebih berhati-hati bertransaksi dengan penjual.Walaupun ada fasilitas verified account belum membuat kita tenang sebelum menrima barang yang kita beli.

>>Cara Pembayaran transfer bank
Karena Tokobagus adalah situs iklan baris maka di Tokobagus tidak ada fasilitas pembayaran seperti di toko online lainnya. Kita hanya bisa membayar dengan transfer bank atau bayar tunai saat barang diterima.

>>Kualitas Barang
kita tidak dapat melihat barang yang kita beli sebelum ada transaksi khususnya jika wilayah penjual dan pembeli berjauhan kecuali kita bisa bertemu dengan penjual di suatu tempat dan melihat barang yang ingin kita beli. Takutnya kualitas barang tidak akan sama persis dengan yang dipasang di iklan.
Barang-barang katagori fashion yang sering mengecewakan. Di gambar mungkin kelihatan menarik namun saat barang kita terma ternyata tidak sesuai dengan harapan.