Sabtu, 27 Februari 2016

Analisis Kelebihan E-Commerce Tokobagus.com yang berubah menjadi OLx.com

      Apakabar sahabat blogger, di posthingan sebelumnya penulis sudah mengenalkan kita tentang Tokobagus.com yang berubah namanya menjadi OLx, nah kali ini penulis akan menganalisis tentang Kelebihan E-Commerce Tokobagus.com yang berubah menjadi OLx. Yukk mari kita simak pembahasan materinya.

Kelebihan TokoBagus.com :

       >>Caranya daftar gampang dan gratis

Cara daftar di Tokobagus dan cara pasang iklan di Tokobagus sangat gampang. Hanya perlu beberapa menit untuk mendaftar dan jika anda sudah punya barang untuk dijual anda bisa langsung memasang iklan.
Yang paling penting adalah memasang iklan di toko online ini tidak dipungut biaya.

>>Banyak pengunjung
Rata-rata situs Tokobagus dikunjungi tidak kurang dari ratusan ribu pengunjung setiap hari baik yang sudah menjadi anggota maupun yang tidak. Dengan banyaknya pengunjung maka peluang barang kita untuk dilihat lebih banyak orang sangat besar.

>>Tokobagus sudah terkenal
Dengan munculnya iklan di tv Tokobagus menjadi semakin terkenal. Pengunjung umumnya sudah tau apa yang ingin mereka cari.

>>Ada fasilitas verified account

Bagi pembeli verified account dapat membantu memberi gambaran kalau orang yang diajak bertransaksi dapat dipercaya. Untuk penjual, verified account bisa untuk menambah kepercayaan pembeli. Jika anda punya account segera verifikasi agar anda tidak dicap tidak jelas.

>>Katagori dan Wilayah
Katagory yang beragam dan pembagian sesuai dengan wilayah iklan cukup membantu calon pembeli untuk membeli sebuah barang. Misalnya untuk properti jika kita ada di bandung bisa mencari yang dekat dengan daerah kita tinggal.

Analisis Fitur Tokobagus.com yang berubah menjadi OLx.com

         Apakabar sahabat blogger, di posthingan sebelumnya penulis sudah mengenalkan kita tentang Tokobagus.com yang berubah namanya menjadi OLx, nah kali ini penulis akan menganalisis tentang Fitur-Fitur E-Commerce Tokobagus.com yang berubah menjadi OLx. Yukk mari kita simak pembahasan materinya.
           
            Fitur-fitur Tokobagus yang berubah menjadi OLx :

>> Search Faceting
                Widget filterisasi hasil pencarian berdasarkan lokasi, kategori     iklan, iklan terbaru dll,sehingga user akan lebih mudah dalam   mencari barang yang diinginkan.

>>Search Suggestion
    Fitur yang memberikan saran keyword populer yang kemungkinan dimaksud oleh user saat menginput keyword di form search.

>>Like & Follow
                 Fitur ini untuk mengikuti tokobagus di Facebook dan Twitter.

>>Login via Facebook
      Fitur ini berfungsi untuk login ke tokobagus menggunakan akun facebook, ini sangat berguna sekali karena kita tidak perlu mendaftar di tokobaagus.

>>Share
         Kita bisa berbagi iklan kepada kerabat melalui facebook ataupun twitter.

>>Tampilan Iklan
         Fitur ini berfungsi untuk merubah tampilan iklan, bisa berbentuk kotak ataupun list. 

>> Kirim E-mail
         Fitur ini berguna untuk calon pembeli agar bisa mengirim email kepada pemasang iklan.

>>Cetak, Kirim, Laporkan, Simpan
    Fitur ini berfungsi untuk mencetak, menyimpan dan mengirim iklan kepada teman yang sesama member di tokobagus, serta melaporkan iklan kepada pihak tokobagus apabila ada masalah

>>PIN BB & WeChat
       Fitur terbaru yang disedikan oleh tokobagus yaitu menambahkan PIN BB & WeChatID, Fitur ini  berfungsi untuk memudahkan calon pembeli dalam berkomunikasi dengan penjual. 

Mengenal Sejarah E-Commerce Tokobagus.com yang berubah Menjadi OLx.com

        Apakabar sahabat blogger, di posthingan sebelumnya penulis membahas tentang E-Commerce di Indonesia seperti di E-Commerce Lazada.com, Tokopedia, Amazon dan Bukalapak.com, Nah kali ini penulis akan membahas Mengenal Tokobagus.com yang berubah Menjadi OLx , yukk mari kita simak pembahasan materinya.

Tokobagus.com adalah sebuah situs iklan baris yang berfokus kepada aktifitas jual beli di Indonesia. Semua iklan yang ada di situs ini dibuat oleh penggunanya sendiri, baik yang menjual maupun mencari barang. Situs ini dikelola oleh perusahaan bernama PT Tokobagus.

            Sejarah
                Tokobagus didirikan pada tanggal 9 Juni 2005 oleh dua orang pemuda asal Belanda, Arnold Sebastian Egg dan Remco Lupker. Arnold yang kala itu sedang berlibur di pulau Bali mendapatkan ide setelah melihat  perkembangan pesat situs e-commerce di Amerika, amazon.com. Menilai dari geografis Indonesia yang terdiri dari berbagai kepulauan dengan jumlah penduduk yang sangat besar, maka tercetuslah ide untuk membuat situs Tokobagus.
                     Pada tahun 2010, PT Tokobagus akhirnya hijrah ke Jakarta setelah  membangun usaha selama 5 tahun di Denpasar, Bali.
                     Pada tahun 2014 tokobagus.com mengganti nama menjadi olx.co.id OLX sendiri adalah sebuah merek e-commerce global yang dimiliki oleh Naspers. Perusahaan itu telah berinvestasi di Tokobagus pada tahun 2010.
                    
                     Asal Nama Tokobagus
                    Nama Tokobagus berasal dari kata "Toko" dan "Bagus", kata Toko dipakai dengan tujuan agar setiap pengguna bisa membuka toko (online) nya sendiri. Sedangkan kata "Bagus" didapat Arnold lantaran ia sering melihat kata bagus digunakan untuk nama toko di Indonesia.


                    

Analisi Kelebihan dan Kekurangan Bukalapak.com

Apakabar sahabat blogger, di posthingan sebelumnya penulis membahas tentang fitur-fitur, layanan E-Commerce di Indonesia seperti di E-Commerce Lazada.com, Tokopedia, Amazon dan Bukalapak.com, Nah kali ini penulis akan membahas Kekurangan dan Kelebihan E-Commerce yang sudah penulis sebutkan di atas, yukk mari kita simak pembahasan materinya.

Pada kesempatan ini penulis akan membahas Kelebihan dan Kekurangan dari Bukalapak.com

Kelebihanya :
>>Kita mengetahui di E-Commerce Bukalapak memiliki, Notifikasi SMS setiap ada pesanan, jadi intinya semacam ada pemberitahuan pesanan.
>>Memilii Feedback yang positif setiap kita bertransaksi
>>Setiap Produk yang kita pesan, jangan khawatir di E-Commerce Bukalapak Selalu ada Notifikasi Kepastian menerima dana, di saat sedang proses transaksi jual-beli.
>>Perhitungan ‘ongkos kirim’ otomatis, yang membuat kita tidak perlu merasa bingung lagi, biasanya untuk tariff ongkos kirim tergantung seberapa jauh barang yang akan dikirim.
>>Bagi para pelapak khusnya Untuk unit Usaha Kecil dan Menengah Masyarakat bisa Konsultasi bisnis secara pribadi, dengan pihak ahli.
Kekuranganya :
>>Sangat di sayangkn Tidak ada fitur diskusi, yang membuat kita bisa tahu tranding topic apa yang lagi tren, di Bukalapak.com

>>Tidak adanya  fitur promosi produk gratis juga, seperti E-Commerce lainya

Analisis Kelebihan dan Kekurangan Amazon.com

Apakabar sahabat blogger, di posthingan sebelumnya penulis membahas tentang fitur-fitur, layanan E-Commerce di Indonesia seperti di E-Commerce Lazada.com, Tokopedia, Amazon dan Bukalapak.com, Nah kali ini penulis akan membahas Kekurangan dan Kelebihan E-Commerce yang sudah penulis sebutkan di atas, yukk mari kita simak pembahasan materinya.

Pada kesempatan ini penulis akan membahas Kelebihan dan Kekurangan dari Amazon.com


Kelebihanya :
>>Tentu kita sudah tau bahwa E-Commerce Amazon.com sudah memiliki Brand Amazon yang sudah mempunyai merek yang terkenal dan terpercaya, sehingga kalau kita melakukan transaksi jual-beli tidak diragukan lagi tentang kualitas barangnya.
>>Di lihat dari Strategi pemasaranya juga yang sangat bagus, Amazaon menawarkan beberapa keuntungan dalam menggunakan layananya juga.
>>Amazon.com juga mempunyai kerja sama dengan perusahaan lain, sehingga dalam soal pendanaapun tidak perlu di khwatirkan lagi.
>>Webnya juga  memiliki akses yang cepat, design yang  menarik dengan mudah di operasiakan bagi masyarakat umum.
>>Harga produk yang terjangkau, para pembeli masih mampu membeli karna harganya juga sangat terjangkau bagi kita, apa lagi ditambah kwalitas barang yang tidak di ragukan lagi.

Kekurangannya :
>>Amazon memiliki Strategi pengiriman gratis, tetapi itu juga perlu di perhatikan karna akan berdampak memengaruhi posisi keuangan di masa depan.

>>Terlau tergantung pada pengiriman eksternal perusahaan untuk melaksanakan fungsi pengiriman, dan tidak mandiri.