Jumat, 26 Februari 2016

Analis Keamanan pada Sistem E-Commerce

Apakabar sahabat blogger, di posthingan sebelumnya kita sudah banyak membahas mengenal tentang E-Commerce, dan justru kita tidak tau ternyata di Sistem E-Commerce pun akan ada beberapa tindakan yang mengancam keamanan sistem, Nah kali ini penulis akan membahas tentang Analis Keamanan pada Sistem E-Commerce.
Keamanan adalah sebuah upaya yang dilakukan untuk meminimalisir sebuah kerusakan yang terjadi pada sebuah  sistem. Keamanan juga di buat untuk membentengi semua gangguan yang di buat secara sengaja maupan tidak sengaja. Berikut adalah ancaman dan solusi keamanan dari sistem e-commerce.
Ancaman Keamanan Pada Sistem E-Commerce
>>  Pencegatan data , pembacaan dan modifikasi data secara tidak sah.
>> Puncurian data terhadap orang yang tidak bertanggung jawab.
>> Kecurangan (fraud) yang dilakukan oleh orang-orang yang  identitasnya tidak diketahui.
>> Akses yang tidak sah oleh seseorang terhadap data milik orang lain.
Solusi Ancaman Keamanan Sistem E-Commerce
>>Enkripsi  (penyandian data), Metode enkripsi atau yang lebih dikenal dengan kriptografi (cryptograph) adalah metode penyandian suatu pesan atau data yang terkirim melalui jaringan publik dengan menggunakan kunci-kunci (keys) tertentu.
>>Otentifikasi  (Melakukan verifikasi terhadap identitas pengirim dan penerima)

>>Firewall  ( Menyaring serta Melindungi lalu lintas data di jaringan atau server). Firewall akan bertindak sebagai pelindung atau pembatas terhadap orang-orang yang tidak berhak untuk mengakses jaringan kita. Suatu jaringan yang terhubung ke Internet pasti memiliki IP address (alamat Internet) khusus untuk masing-masing komputer yang terhubung dalam jaringan tersebut. Apabila jaringan ini tidak terlindungi oleh tunnel atau firewall, IP address tadi akan dengan mudahnya dikenali atau dilacak oleh pihak-pihak yang tidak diinginkan. Akibatnya data yang terdapat dalam komputer yang terhubung ke jaringan tadi akan dapat dicuri atau diubah. Dengan adanya pelindung seperti firewall, kita bisa menyembunyikan (hide) address tadi sehingga tidak dapat dilacak oleh pihak-pihak yang tidak diinginkan

Tips Belanja Online Yang Aman dan Mudah

Apakabar sahabat blogger, pada postingan kali ini penulis akan membahas tentang Tips Belanja Online Yang Aman dan Mudah. Untuk mendukung artikel ini penulis memilih BukaLapak.com sebagai review atau contoh website toko online dengan ribuan pelapak.


Di era modern ini banyak sekali bermunculan website toko online seperti Lazada, Olx.co.id, Tokopedia, Elevenia dan Bukalapak.com. Sebagai calon pembeli anda harus berhati-hati dalam melakukan transaksi dengan pelapak, karena sudah banyak tindak penipuan yang terjadi dalam berbagai kasus dan modus. Untuk itu saya ingin berbagi sedikit tips untuk anda agar bisa membeli barang dengan aman dan mudah.


Berikut ini Kelebihan dan Kekurangan BukaLapak.com :


Kelebihan BukaLapak.com :
1. Tampilan Bagus Dan Mudah untuk mendaftar sebagai member
2. Banyak Diskon dan Promo di Bukalapak.com
3. Memiliki Sistem Pembayaran Pihak Ketiga / Rekber dan Jaminan uang kembali
4. Feedback untuk Pelapak yang membantu menambah daya beli


Kekurangan BukaLapak.com :
1. Sebagai penjual anda harus menunggu pencairan dana melalui Dompet Saldo Bukalapak
2. Sebagai pembeli anda harus rajin mengecek transaksi dan tidak salah angka dalam melakukan transfer karena prosesnya manual dan cukup memperlambat anda.
3. Jika feedback anda sedikit, produk anda akan susah dijual meskipun harganya murah


Catatan : Jika anda mengalami masalah dengan transaksi di Bukalapak.com segera menghubungi CS Bukalapak atau mengunjungi Fanspage Bukalapak dan menanyakan ke Admin Billy

Setelah tau kelebihan dan kekurangan Bukalapak.com, Berikut ini saya akan memberitahu cara aman membeli di Bukalapak.com.

1. Pastikan Anda tertarik pada sebuah barang di Bukalapak.com
Misalnya : Anda mencari Kamera, Sepatu, Pakaian, atau barang lainnya silahkan tulis di pencaharian.



2. Sebelum melakukan pembelian barang anda wajib mengirim pesan kepada Pelapak apakah barang yang anda inginkan tersedia atau habis.

Tunggu balasan pesan dari pelapak.


Catatan : Perhatikan jumlah feedback dan status pelapak, Semakin banyak feedback semakin aman anda membeli.

3. Setelah pesan anda dibalas oleh pelapak, Segera lakukan pembelian sesuai dengan kebutuhan anda.
Dengan mengklik tombol Beli dan mengisi formulir transaksi anda akan mendapatkan kode transaksi.

Contoh : #150722094263



Catatan : Perhatikan jumlah nominal yang harus anda transfer dengan seksama karena akan mempengaruhi proses transaksi anda. 

4. Melakukan Transfer ke Rekening Bukalapak.com, Pastikan anda TEPAT membayar.

Catatan : Jika anda salah dalam menulis nominal tranfer ke Bukalapak.com, Segera ke Admin Billy di Fanspage Facebook Bukalapak.com atau ke CS Bukalapak.


5. Rajin-Rajin Cek Status Transaksi anda di Bukalapak.com


Nah, Setelah proses pembayaran, Bukalapak akan menghubungi pelapak dan barang akan dikirim segera. Tunggu 3 - 4 Hari untuk proses pengiriman karena menggunakan jasa Kurir.

6. Jika Barang tidak dikirim juga maka Bukalapak akan mengembalikan uang anda di Dompet Saldo, Kalo anda mau mencairkan uang anda harus menunggu 1-2 hari untuk proses pencairan.

Meskipun prosesnya agak lama anda tidak kehilangan uang anda begitu saja dan kembali ke dalam rekening anda 100%


Nah, itu tips dari saya mengenai cara membeli aman di Bukalapak.com menurut pengalaman pribadi saya bukan hanya kampanye hitam belaka :)


Bagaimana Cara Bukalapak.com Bisa meraih ke Untungan

Apakabar sahabat blogger, di posthingan sebelumnya penulis membahas tentang Analisi Sistem Jual-beli di Bukalapak.com, tapi kali ini penulis akan membahas Bagaimanakah Bukalapak.com bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan besar, langsung saja yukk, mari kita simak pembahsannya.
BukaLapak kini sudah terhitung sebagai salah satu situs jual-beli online terbesar di sektor E-Commerce nasional. Uniknya, marketplace yang didirikan Achmad Zaky ini masih idealis dalam hal membantu pelaku Usaha Kecil dan Menengah. Buktinya, BukaLapak tetap memberikan 100 persen uang hasil transaksi pada seller dan tak memungut biaya lain.
Pasti kita bertanya-tanya, dari mana BukaLapak.com menuai penghasilan?
“Kurang lebih, pendapatan BukaLapak didapatkan dari seller-seller yang sudah sukses,” terang Zaky. Mereka inilah yang rela merogoh koceknya lebih dalam demi mendapatkan fitur-fitur premium di BukaLapak.com, misalnya promote to top. Hasil yang didapat dari fitur premium itu, seperti bertambahnya keuntungan penjualan, pun dikembalikan lagi ke pelaku Usaha kecil dan Menengah yang bersangkutan.
“Makanya, fokus kami di BukaLapak adalah gimana caranya Usaha kecil dan Mengenah ini bisa sukses di BukaLapak,” imbuhnya, seperti dikutip dari video seri “CEO BukaLapak Blusukan Online” yang diunggah akun BukaLapak di Video.com. Menurut Zaky, saat ini sudah ada hampir 500 ribu Usaha Kecil dan Menengah yang bergabung di BukaLapak. Harapannya, jumlah itu bisa terus bertambah di kemudian hari.

Analisis Layanan E-Commerce Amazon.com

Apakabar sahabat blogger, di posthingan sebelunya penulis pernah membahas tentang Mengenal Sejarah E-Commerce Amazaon.com, nah kali ini penulis akan membahas materi tentang Layanan apa saja sih, yang bisa kita dapat di Website E-Commerce Amazon.com, yukk mari kita simak pembahasanya.

Perlu kita ketahui, di amazon.com banyak sekali layanan yang diberikan oleh pelanggannya dari mulai pelayanan berupa jual beli barang elektronik sampai pelayanan penjualan untuk bahan-bahan yang cepat busuk. Nah sebagai salah satu toko online terbesar yang ada di dunia, amazon juga menawarkan layanan diantaranya yaitu, penjualan barang retail, software dan lisensi untuk semua perangkat, konten digital, permainan & barang yang bernilai seni juga dijual di situs ini. Tidak hanya itu, banyak sekali layanan yang diberikan untuk membuat para penggila belanja online merasa terpuaskan. Berikut penjelasan beberpa barang yang dijual atau beberapa pelayanan yang diberikan yang telah disebutkan sebelumnya di atas.
Berikut penjelasanya :
>>Penjualan Barang Retail
Sesuai dengan konsepnya, awalnya perusahaan ini menjual berbagai barang retail secara online. Ada banyak barang yang dijual. Dari mulai buku, peralatan rumah tangga, barang elektronik, bahkan semua kebutuhan yang Anda perlukan ada di toko ini. Pada awalnya, perusahaan masih belum menjual barang yang cepat busuk seperti sayur atau buah tapi sekarang sudah memberikan layanan tersebut untuk daerah tertentu saja khusus yang dekat dengan pengiriman barang.
>>Software untuk semua perangkat
Amazon.com tidak hanya bisa di akses dengan menggunakan komputer saja, sebab sekarang sudah bisa diakses dengan menggunakan berbagai elektronik yang canggih seperti handphone dan juga tablet. Jadi, para penggunanya bisa dengan mudah mengakses dan memesan dengan menggunakan perangkat yang dimilikinya.
>>Konten digital
Selain menjual berupa produk-produk fisik perusahaan ini juga menjual berbagai konten digital yang bisa didownload langsung dan dibayar dengan menggunakan pulsa ataupun via transfer. Konten-konten ini berupa e-book, musik, dan berbagai konten digital lainnya untuk komputer ataupun handphone. Harga yang ditawarkan untuk konten-konten ini sangat bervariasi, bahkan ada yang gratis dan juga dengan diskon yang sangat besar.
>>Amazon game
Fitur ini memberikan kemudahan untuk Anda penggila game, baik game komputer ataupun gadget. Perusahaan ini mengembangkan game untuk semua sistem seperti windows, android, Mac dan juga Kindle Fire. Zona game yang diberikan ini sangat inovatif dan juga menyenangkan. Semua game yang dijual disini hasil dari pengembangan para ahli gamer yang bekerja di perusahaan ini.
>> Amazon Art
Pada bulan Agustus 2013 perusahaan ini meluncurkan pasar online seni. Pasar ini menjual berbagai karya seni asli dan juga terbatas dari berbagai galeri yang terpilih. Awalnya hanya ada 40 ribu item saja yang ada tapi sekarang sudah berkembang semakin banyak.


Mengenal Perjalanan Keberhasilan E-Commerce Lazada.co.id

Apakabar sahabat blogger, di posthingan sebelumnya penulis sudah menjelaskan tentang Analisis sistem layanan E-commerce di Lazada dan juga menjelaskan tentang proses bagaimana melakukan transaksi jual beli di Lazada, alangkah lebih baiknya kita juga tau tentang perjalan dan keberhasilan Lazada.com,

Untuk menjadikan Lazada sebagai salah satu E-commerce terbaik di Indonesia justru di butuhkan sebuah perjalanan yang lumayan panjang, agar bisa di terima oleh masyarakat luas, berikut penjelasan nya, yukk kita simak materi pembahsanya.
Lazada.co.id The Fastest Growing E-Commerce in Indonesia, nama itu yang pernah penulis baca di artikel sebelumnya, sangat jelas keberhasilan dari sistem perdagangan online oleh Lazada , sangat kental dari dukugan masyarakat yang menginginkan ke mudahan atau bisa disebut praktis dalam berbelanja, nah di Lazada.co.id hadir dengan konsep produk yang lengkap dan kemudahan belanja online dengan pesan antar. Menurut penulis itu semua justru merupakan sebuah keberhasilan dari perjalanan yang menakjubkan bagi Lazada.co.id dan orang-orang dibelakangnya yang mendukung, membuat Lazada semakin besar seperti saat ini, Bayangkan saja dalam waktu satu tahun Lazada berhasil menjadi took online terbaik di Indonesia, pantas saja jika nama “The Fastest Growing E-Commerce in Indonesia”,
Berikut adalah perjalanan Lazada.co.id :

Januari 2012 - Rocket internet yang bermarkas di Berlin, Jerman mendirikan sebuah kantor di jakarta, pada saat itu lah awal mula terbentuk Lazada, dan karyawanyapun masih ada 4 orang.


15 Maret 2012 –  Website Lazada.co.id diluncurkan pada bulan Maret 2012, bukan hanya di Indonesia saja namun di Philipina, Thailand, Malaysia, Vietnam dan Tepatnya pada tanggal 15 Maret lazada.co.id terbuka untuk umum, dengan memiliki 4 .000 produk didalamnya.

22 Maret – Selang satu minggu setelah peluncuran, lazada.co.id mendapatkan pelanggan pertamanya, yang kemudian memberikan Presentasii pada sebuah interview mengenai kepuasaanya berbelanja di lazada.co.id.

April 2012 – Dengan pelayanan terbaik dari segi kelengkapan produk, pelayanan, dan kelengkapan sistem pembayaran termasuk COD, dalam jangka waktu satu bulan setelah peluncuran, jumlah pelanggan lazada.co.id telah mencapai 1000 pelanggan.

Juni 2012 –  Semakin banyaknya ragam produk yang dijual di lazada.co.id, Membuat Lazada membuka kantor baru yaitu sebuah warehouse dan pusat distribusi, kantor terbaru ini menampung dengan baik tiap produk yang tampil pada website dan mengatur tiap pemesanan pelanggan
Agustus 2012 – Berkat keseriusan dan kerja keras seluruh karyawan dibelakang Lazada, pada bulan Agustus lazada.co.id menjadi top 100 website di Indonesia. 
September 2012 – Berkat cepatnya perkembangan lazada.co.id yang diiringi dengan atusiasme masyarakat Indonesia terhadap sistem belanja online, pada bulan sepember Lazada.co.id telah menduduki top 70 website di Indonesia.

14 September 2012 – JP Morgan Asset Management mengkonfrimasi investasi terhadap jaringan LAZADA Asia Tenggara.

8 Oktober 2012 – Peka dengan perkembangan trend di Indonesia, pada 8 oktober lazada.co.id menjadi trending topic #2 di sosial Twitter dengan campaign hastag #Bringmeto1D.  Lazada bekerjasama dengan SonyMusic untuk memberangkatkan beberapa pelanggan Lazada.co.id untuk bertemu dengan One Direction.
24 oktober 2012 – Tim Marketing sosial media Lazada bersorak gembira dengan melihat keberhasilannya atas 100,000 “likes” pada akun Facebook page Lazada.co.id.

12 November 2012 – Kinnevik, perusahaan investasi dari Swedia menanamkan investasi hingga lebih dari USD 40 juta. (Baca lengkapnya di Wikipedia)

Desember 2012 – Dengan pelanggan yang terus puas dengan pelayanan dan produk yang dihadirkan, pada bulan terakhir di 2012, Lazada.co.id berada diposisi top 60 website di indonesia dan “like” Facebook yang sudah menembus angka 220.000.

5 Desember 2012 – Summit Partners, salah satu perusahaan modal usaha terbesar di dunia berinvestasi sebesar USD 26 juta pada Lazada. (Baca lengkapnya di Wikipedia).

12 Desember 2012 –  Angka 12.12.12 adalah sebuah revolusi di dunia e-Commerce di Indonesia yang mana event ini diprakarsai oleh Lazada. Pada 12 desember 2012 ini Lazada.co.id menghadirkan berbagai produk pilihan dengan diskon yang sangat besar. 
31 Desember 2012 – Lazada meluncurkan website dengan interface terbaru, yang lebih bersahabat dan mudah digunakan oleh setiap pengunjung lazada.co. dan sudah memiliki kategori produk sebanyak 13 buah dan 25.000 produk yang dijual online.

Januari 2013 – Group retail strategis dari Jerman menanamkan dana investasi yang dikabarkan mencapai USD 20 juta. (Baca lengkapnya di Wikipedia)

Februari 2013 –  Akhirnya iklan TVC Lazada.co.id tayang perdana di televisi nasional indonesia.