Jumat, 26 Februari 2016

Analis Keamanan pada Sistem E-Commerce

Apakabar sahabat blogger, di posthingan sebelumnya kita sudah banyak membahas mengenal tentang E-Commerce, dan justru kita tidak tau ternyata di Sistem E-Commerce pun akan ada beberapa tindakan yang mengancam keamanan sistem, Nah kali ini penulis akan membahas tentang Analis Keamanan pada Sistem E-Commerce.
Keamanan adalah sebuah upaya yang dilakukan untuk meminimalisir sebuah kerusakan yang terjadi pada sebuah  sistem. Keamanan juga di buat untuk membentengi semua gangguan yang di buat secara sengaja maupan tidak sengaja. Berikut adalah ancaman dan solusi keamanan dari sistem e-commerce.
Ancaman Keamanan Pada Sistem E-Commerce
>>  Pencegatan data , pembacaan dan modifikasi data secara tidak sah.
>> Puncurian data terhadap orang yang tidak bertanggung jawab.
>> Kecurangan (fraud) yang dilakukan oleh orang-orang yang  identitasnya tidak diketahui.
>> Akses yang tidak sah oleh seseorang terhadap data milik orang lain.
Solusi Ancaman Keamanan Sistem E-Commerce
>>Enkripsi  (penyandian data), Metode enkripsi atau yang lebih dikenal dengan kriptografi (cryptograph) adalah metode penyandian suatu pesan atau data yang terkirim melalui jaringan publik dengan menggunakan kunci-kunci (keys) tertentu.
>>Otentifikasi  (Melakukan verifikasi terhadap identitas pengirim dan penerima)

>>Firewall  ( Menyaring serta Melindungi lalu lintas data di jaringan atau server). Firewall akan bertindak sebagai pelindung atau pembatas terhadap orang-orang yang tidak berhak untuk mengakses jaringan kita. Suatu jaringan yang terhubung ke Internet pasti memiliki IP address (alamat Internet) khusus untuk masing-masing komputer yang terhubung dalam jaringan tersebut. Apabila jaringan ini tidak terlindungi oleh tunnel atau firewall, IP address tadi akan dengan mudahnya dikenali atau dilacak oleh pihak-pihak yang tidak diinginkan. Akibatnya data yang terdapat dalam komputer yang terhubung ke jaringan tadi akan dapat dicuri atau diubah. Dengan adanya pelindung seperti firewall, kita bisa menyembunyikan (hide) address tadi sehingga tidak dapat dilacak oleh pihak-pihak yang tidak diinginkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar