Apakabar
sahabat blogger, di posthingan sebelumnya penulis sudah banyak membahas tentang
berbagai macam E-Commerce yang terkenal di Indonesia, nah kali ini penulis akan
membahas materi tentang Ciri-ciri dan Bentuk E-Commerce di Indonesia. Langsng saja
yukk kita simak pembahasan materinya..
Di
Indonesia E-Commerce berkembang sangat pesat, juga banyak manfaat yang
terkandung di dalamnya, biasanya E-Commerce di Indonesia itu mempunya ciri nya
sperti :
CLASSIFILD/DAFTAR IKLAN BARIS
Bentuk bisnis yang pertama adalah
classifieds atau daftar iklan baris. Bentuk bisnis ini merupakan bentuk yang
paling sederhana dari usaha e-commerce yang ada. Itu karena bentuk bisnis
ini mempunyai ciri khas dimana penyedia jasa e-commerce tidak terlibat secara
langsung dalam proses jual beli yang terjadi. Dalam bentuk bisnis ini, pihak
perusahaan e-commerce hanya menjadi media yang mempertemukan antara
penjual dan pembeli dalam satu tempat.
Penyedia layanan e-commerce di
Indonesia yang menggunakan bentuk bisnis ini
adalah OLX dan forum jual beli.
MARKETPLACE C2C
yang ngebedain antara bentuk bisnis ini
dengan bentuk classifieds adalah dari segi penawarannya. ciri utama
dari bentuk bisnis e-commerce Marketplace C2C. Pada umumnya pihak e-commerce
akan memberikan rekening pihak ketiga.
Perusahaan e-commerce yang
pake bentuk bisnis ini antara lain Tokopedia dan Bukalapak. Perusahaan
tersebut akan mendapatkan keuntungan dari sistem akun premium.
SHOPING MALL
Bentuk bisnis e-commerce Shopping Mall,
semua proses serta layanannya hampir sama Marketplace C2C yang
membedakan cuma penjual yang ada pada e-commerce tersebut.
yang menjadi penjual di e-commerce tersebut hanyalah brand-brand besar.
kalau mau jadi penjual di e-commerce
satu ini harus di verifikasi dulu. Dari segi keuntungan, pihak e-commerce bisa
menarik komisi dari penjual. Dengan begitu pendapatannya pun bisa lebih besar.
Hingga saat ini, di Indonesia bentuk bisnis ini baru diterapkan oleh satu
e-commerce yaitu Blibli.
TOKO ONLINE C2B
Pada dasarnya bentuk bisnis ini
lebih hanya menjual milik produk perusahaan e-commerce itu sendiri.
Sehingga semua keuntungan dari penjualan produk murni dimiliki oleh perusahaan
e-commerce engak di bagi ke pihak lain lagi.
Contohnya perusahaan e-commerce
bentuk bisnis ini antara lain Lazada dan Bhinneka. Tapi Mereka
memiliki sistem layaknya Marketplace C2C yang dapat menerima penjual mandiri
yang memiliki barang yang cukup banyak dan terjamin setelah di verifikasi.
SOSIAL MEDIA SHOP
Bentuk ini bisa muncul
dengan perkembangan sosial media yang lagi booming. Potensi sosial media
sekarang dimanfaatkan langsung oleh penjual ataupun perseorangan.
sekarang sosial media yang menjadi lahan
perkembangan bentuk bisnis ini masih oleh Facebook, tapi pergeseran
tren sosial media yang terjadi membuka pesaing baru seperti Instagram padahal
kan instagram punya facebook juga :v
E-commerce di Indonesia yang menyediakan
bentuk bisnis ini adalah facebook dan instagram. Keuntungan dari bentuk
ini adalah dari segi pemanfaatan banyaknya konsumen yang berasal dari sosial
media tersebut dan juga kemudahan dalam pembuatannya.