Kamis, 25 Februari 2016

Ciri ciri dan Bentuk E-Commerce di Indonesia

Apakabar sahabat blogger, di posthingan sebelumnya penulis sudah banyak membahas tentang berbagai macam E-Commerce yang terkenal di Indonesia, nah kali ini penulis akan membahas materi tentang Ciri-ciri dan Bentuk E-Commerce di Indonesia. Langsng saja yukk kita simak pembahasan materinya..

Di Indonesia E-Commerce berkembang sangat pesat, juga banyak manfaat yang terkandung di dalamnya, biasanya E-Commerce di Indonesia itu mempunya ciri nya sperti :

CLASSIFILD/DAFTAR IKLAN BARIS
Bentuk bisnis yang pertama adalah classifieds atau daftar iklan baris. Bentuk bisnis ini merupakan bentuk yang paling sederhana dari usaha e-commerce  yang ada. Itu karena bentuk bisnis ini mempunyai ciri khas dimana penyedia jasa e-commerce tidak terlibat secara langsung dalam proses jual beli yang terjadi. Dalam bentuk bisnis ini, pihak perusahaan e-commerce  hanya menjadi media yang mempertemukan antara penjual dan pembeli dalam satu tempat.
Penyedia layanan e-commerce di Indonesia yang menggunakan bentuk bisnis ini adalah OLX dan forum jual beli.
MARKETPLACE C2C
yang ngebedain antara bentuk bisnis ini dengan bentuk classifieds adalah dari segi penawarannya. ciri utama dari bentuk bisnis e-commerce Marketplace C2C. Pada umumnya pihak e-commerce akan memberikan rekening pihak ketiga.
Perusahaan e-commerce yang pake bentuk bisnis ini antara lain Tokopedia dan Bukalapak. Perusahaan tersebut akan mendapatkan keuntungan dari sistem akun premium.
SHOPING MALL
Bentuk bisnis e-commerce Shopping Mall, semua proses serta layanannya hampir sama  Marketplace C2C yang membedakan cuma penjual yang ada pada e-commerce tersebut. yang menjadi penjual di e-commerce tersebut hanyalah brand-brand besar.
kalau mau jadi penjual di e-commerce satu ini harus di verifikasi dulu. Dari segi keuntungan, pihak e-commerce bisa menarik komisi dari penjual. Dengan begitu pendapatannya pun bisa lebih besar. Hingga saat ini, di Indonesia bentuk bisnis ini baru diterapkan oleh satu e-commerce yaitu Blibli.
TOKO ONLINE C2B
Pada dasarnya bentuk bisnis ini lebih hanya menjual milik produk perusahaan e-commerce itu sendiri. Sehingga semua keuntungan dari penjualan produk murni dimiliki oleh perusahaan e-commerce engak di bagi ke pihak lain lagi.
Contohnya perusahaan e-commerce bentuk bisnis ini antara lain Lazada dan Bhinneka. Tapi Mereka  memiliki sistem layaknya Marketplace C2C yang dapat menerima penjual mandiri yang memiliki barang yang cukup banyak dan terjamin setelah di verifikasi.
SOSIAL MEDIA SHOP
Bentuk ini bisa muncul dengan perkembangan sosial media yang lagi booming. Potensi sosial media sekarang dimanfaatkan langsung oleh penjual ataupun perseorangan.
sekarang sosial media yang menjadi lahan perkembangan bentuk bisnis ini masih  oleh Facebook, tapi pergeseran tren sosial media yang terjadi membuka pesaing baru seperti Instagram padahal kan instagram punya facebook juga :v

E-commerce di Indonesia yang menyediakan bentuk bisnis ini adalah  facebook dan instagram. Keuntungan dari bentuk ini adalah dari segi pemanfaatan banyaknya konsumen yang berasal dari sosial media tersebut dan juga kemudahan dalam pembuatannya.

Analisis Kelebihan dan Kekurangan E-Commerce Tokopedia.com

Apakabar sahabat blogger, di posthingan sebelumnya penulis sudah membahas tentang berbagai macam tentang Tokopedia.com, diantanya, tentang sejarah, fitur-fitur, Teknik Marketing dll, kali ini penulis akan membahas tentang Kelebihan E-Commerce Tokopedia.com.

Di dalam E-Commerce Tokopedia.com tentu memiliki kelebihan dan kekuaranganya itu sendiri, pertanyaan apakah kelebihan dan kekurangnya itu??? Tentu kita bertanya-tanya, nah untuk lebih jelas yuk simak pembahsan materinya.

Tokopedia.com Memiliki kelebihan dan kekuranganya yaitu :

>Kelebihannya :
Untuk kelebihanya Proses transaksi antara penjual dan pembeli lebih aman karena setiap proses mengharuskan penjual dan pembelinya untuk melakukan konfirmasi, mulai dari konfirmasi pembayaran, konfirmasi pengiriman hingga konfirmasi bahwa barang telah diterima. Banyak cara untuk melakukan promosi yang tidak membutuhkan biaya, mulai dari website gratis, search engine organizer,komunitas jejaring sosial hingga berbagai event yang diadakan oleh tokopedia untuk membantu membernya promosi. Jenis barang yang beragam, tokopedia adalah kumpulan beragam toko online yang menjual berbagai macam barang.

>Kekuranganya :
karena sistem yang digunakan tergolong masih baru, penjual masih banyak yang tidak mengikuti aturan untuk mengirim barang terlebih dahulu setelah pembeli mengirimkan uang ke pihak tokopedia, karena masih memegang prinsip tidak ada uang, tidak ada barang.
·         barang yang dijual belum lengkap, dan tokpedia juga belum menerima etalase barang yang harganya 10juta keatas.
>Ketersediaan Stock
Karena di Tokopedia tidak ada sistem booking dan semua akad jual-beli diatur oleh sistem, sedikit menyulitkan untuk beberapa produk yang stok-nya hanya sedikit.
>Akurasi Ongkir
Karena di Tokopedia tidak ada sistem booking dan semua akad jual-beli diatur oleh sistem, sedikit menyulitkan untuk beberapa produk yang stok-nya hanya sedikit. 
Belum ada dukungan online payment seperti Credit Card, Paypal, dan sebagainya


Analisis Strategi Pemasaan di dalam situs E-Commerce

Apakabar sahabat blogger, di posthingan sebelumnya penulis sudah membahas tentang berbagai macam tentang Tokopedia.com, Lazada, Bukalapak dll, kali ini penulis akan membahas tentang Strategi Pemasaan di dalam situs E-Commerce.

Tentu saja di dalam proses E-Commerce situs online, harus memiliki Strategi yang tepat dalam melakukan Pemasaran Produk, dan kira-kira produk apa yang aka banyak diminati oleh calon si pembeli,

 Ada beberpa hal yang perlu kita pehatikan dalam menarik minat si calon pembeli, Strategi pemasaran produk antara lain :

>>Menentukan kebutuhan pokok dari si calon pembeli yang akan dilayani dan dipenuhi.
>>Memilih kelompok calon si pembeli tertentu sebagai sasaran dalam penjualan produk, misalanya si pembeli yang sering aktif melakukan pembelian produk-produk di tokopedia.
>>Menentukan Produk dan bagaimana cara melakukan promosi produknya, di posthingan sebelumnya penulis menyarankan untuk melakukan Dink it, fungsinya agar produk yang kita promosikan di tampilkan di halaman awal website.
>>Mengadakan penelitian pada si pembeli untuk mengukur dan menilai juga menafsirkan keinginan para calon pembeli serta tingkah lakunya seperti apa.
>>Menentukan dan menjalankan strategi yang paling baik, seperti contohnya kita bisa menitik beratkan pada kwalitas yang tinggi/bagus, harga yang murah atau model produk yang menarik.

>>Memberikan kepuasan secara menyeluruh kepada calon sipembeli, tanpa mengewakan calon si pembeli, dalam produk yang kita promosikan.

Mengenal Sejarah E-Commerce Amazon.com

Apakabar sahabat blogger, diposthingan sebelumnya penulis membahas materi tentang, mengenal tokopedia, Lazada, dan Bukalapak, kali ini penulis akan membahas tentangAmazon.com.
yukk kita simak materinya ….

Amazaon.com Inc. adalah sebuah perusahaan dagang elektronik multinasional yang berkantor di pusat seattle, Washington, Amerika Serikat dengan tujuannya tidak menjadi toko buku terbesardi dunia, tetapi menjadi toko serba ada terbesar di dunia.
SEJARAH
Amazon.com adalah salah satu perusahaan besar yang menjual barangnya melalui internet. Perusahaan ini didirikan oleh Jeff Bezos pada November 1994 di Seattle, Amerika Serikat. Mengapa dinamakan Amazon karena Jeff ingin perusahaan nya seperti sungai amazon yang mampu menampung 20% air bersih di dunia. Jadi ia mengharapkan perusahaan ini kelak akan menjadi perusahaannya menguasai 20% pasar dunia. Jeff Bezoss sendiri kemudian menjadi vice president dari perusahaan ini

Amazon.com membuka situs e-commercenya padatahun 1995. Produk yang dijual di perusahaan online ini bermula dari buku lalu beberapa produk lainnya seperti kaset VHS, DVD, CD. bahkan pada tahun 2002 pernah menjadi tokoonline terbaik versi majalah yahoo karena penjualan atas order konsumen yang lebih dari 56 juta item.

Analis Sistem E-Commerce Teknik Marketing Tokopedia.com

Apakabar sahabat blogger, diposthingan sebelumnya penulis membahas materi tentang, mengenal tokopedia, fitur-fitur, dan juga proses bisnisnya tenang produk-produk di tokopedia, kali ini penulis akan membahas tentang Teknik Marketing PT Tokopedia, yukk kita simak materinya ….

Tokopedia melakuan penetapan nama domain (http//namatoko.tokopedia.com/product.pl?id-product).

           Dengan penetapan nama domain itu memicu juga dalam petumbuhan toko-toko yang ada di Tokopedia.com. Tokopedia juga menerafkan konsep directory toko, misalanya toko-toko terebut akan diurutkan berdasarkan seberapa banyak penjualanya , Selain itu ada juga featured shop yang akan mendukung dihalaman depan maupun directory.
          Tokopedia juga telah mengambil alih mengembangkan SEO mereka, sehingga halaman-halaman toko maupun produk akan sering muncul dalam hasil pencarian melaui mesin pencarian.
Para penjualpun bisa melakukan promosi barang-barang secara bergiliran untuk dipajang dihalaman 1 Tokopedia. Caranya penjual bisa meng klik tombol Dink it, yang disediakan, Barang yang di-Dink it ini akan ditampilkan di halaman 1, selama 1 jam. Penjual hanya dapat melakukan Dink it itu untuk satu jenis barang, jadi untuk penggunaa Dink it ini bisa di gunakan kembali setelah 2 jam kemudian, bisa dengan promosi barang yang sama, ataupun yang lainya.
         Di dalam Featured shop juga, jika kita memiliki bintang dalam jumlah tertentu sehingga itu akan bisa masuk terdaftar, dan penjualpun bisa mengikuti acara-acara bazar yang digelar Tokopedia. Namanya juga Bazar tentu saja barang yang diikutkan dalam bazarpun harganya harus ada diskon, dan barang yang diikutkan dalam bazar akan ditampilkan di halaman awal Tokopedia.

Untuk produk yang sudah dipajang di Tokopedia juga, bisa langsung di hubungkan ke dinding Facebokk dan Twiter pejual. Caranyapun sangat gampang. Kita tinggal Klik saja logo Facebook dan Twiter, lalu isi kata sandi masuk dan ijinkan Tokopedia untuk bertautan di Facebook atau Twiter, maka secara otomatis produk akan langsung diupload di dinding akun si penjual.