Kamis, 25 Februari 2016

Ciri ciri dan Bentuk E-Commerce di Indonesia

Apakabar sahabat blogger, di posthingan sebelumnya penulis sudah banyak membahas tentang berbagai macam E-Commerce yang terkenal di Indonesia, nah kali ini penulis akan membahas materi tentang Ciri-ciri dan Bentuk E-Commerce di Indonesia. Langsng saja yukk kita simak pembahasan materinya..

Di Indonesia E-Commerce berkembang sangat pesat, juga banyak manfaat yang terkandung di dalamnya, biasanya E-Commerce di Indonesia itu mempunya ciri nya sperti :

CLASSIFILD/DAFTAR IKLAN BARIS
Bentuk bisnis yang pertama adalah classifieds atau daftar iklan baris. Bentuk bisnis ini merupakan bentuk yang paling sederhana dari usaha e-commerce  yang ada. Itu karena bentuk bisnis ini mempunyai ciri khas dimana penyedia jasa e-commerce tidak terlibat secara langsung dalam proses jual beli yang terjadi. Dalam bentuk bisnis ini, pihak perusahaan e-commerce  hanya menjadi media yang mempertemukan antara penjual dan pembeli dalam satu tempat.
Penyedia layanan e-commerce di Indonesia yang menggunakan bentuk bisnis ini adalah OLX dan forum jual beli.
MARKETPLACE C2C
yang ngebedain antara bentuk bisnis ini dengan bentuk classifieds adalah dari segi penawarannya. ciri utama dari bentuk bisnis e-commerce Marketplace C2C. Pada umumnya pihak e-commerce akan memberikan rekening pihak ketiga.
Perusahaan e-commerce yang pake bentuk bisnis ini antara lain Tokopedia dan Bukalapak. Perusahaan tersebut akan mendapatkan keuntungan dari sistem akun premium.
SHOPING MALL
Bentuk bisnis e-commerce Shopping Mall, semua proses serta layanannya hampir sama  Marketplace C2C yang membedakan cuma penjual yang ada pada e-commerce tersebut. yang menjadi penjual di e-commerce tersebut hanyalah brand-brand besar.
kalau mau jadi penjual di e-commerce satu ini harus di verifikasi dulu. Dari segi keuntungan, pihak e-commerce bisa menarik komisi dari penjual. Dengan begitu pendapatannya pun bisa lebih besar. Hingga saat ini, di Indonesia bentuk bisnis ini baru diterapkan oleh satu e-commerce yaitu Blibli.
TOKO ONLINE C2B
Pada dasarnya bentuk bisnis ini lebih hanya menjual milik produk perusahaan e-commerce itu sendiri. Sehingga semua keuntungan dari penjualan produk murni dimiliki oleh perusahaan e-commerce engak di bagi ke pihak lain lagi.
Contohnya perusahaan e-commerce bentuk bisnis ini antara lain Lazada dan Bhinneka. Tapi Mereka  memiliki sistem layaknya Marketplace C2C yang dapat menerima penjual mandiri yang memiliki barang yang cukup banyak dan terjamin setelah di verifikasi.
SOSIAL MEDIA SHOP
Bentuk ini bisa muncul dengan perkembangan sosial media yang lagi booming. Potensi sosial media sekarang dimanfaatkan langsung oleh penjual ataupun perseorangan.
sekarang sosial media yang menjadi lahan perkembangan bentuk bisnis ini masih  oleh Facebook, tapi pergeseran tren sosial media yang terjadi membuka pesaing baru seperti Instagram padahal kan instagram punya facebook juga :v

E-commerce di Indonesia yang menyediakan bentuk bisnis ini adalah  facebook dan instagram. Keuntungan dari bentuk ini adalah dari segi pemanfaatan banyaknya konsumen yang berasal dari sosial media tersebut dan juga kemudahan dalam pembuatannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar