Apakabar
sahabat blogger, di posthingan sebelumnya penulis sudah membahas materi tentang
E-Commerce, nah berhubung minggu ini penulis mendapat tugas dari dosen dengan
pembahsan yang berbeda, tapi sangat menarik, nah kali ini penulis akan membahas
Analisis Mengenal Medsos ( Media Sosial) Lokal maupun di Luar Lokal.
Medsos atau
Media social saat ini banyak sekali digunakan oleh kompenen-komponen
masyarakat, ntah itu anak-anak, remaja, atau bahkan orang tua sekalipun tidak
lepas dari aktifitas medsos, yang memungkinkan juga menambah pertemanan, untuk
mempromosiskan produk yang dijual, atau bahkan ada yang menggunakan Medsos
untuk cari jodoh heheheh.
Sebelum kita
mengupas lebih dalam seputar Medsos, alangkah lebih baik kita mengenal apa sih Media social itu ???
Yukk, mari
kita simak pembahsan materinya.
Media
Sosial (Social Media) terdiri dari dua kata: media dan sosial. Pengertian
menurut bahasa, media sosial adalah alat atau sarana komunikasi masyarakat
untuk bergaul.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, media
adalah alat, sarana komunikasi, perantara, atau penghubung. Sosial artinya
"berkenaan dengan masyarakat" atau suka memperhatikan kepentingan
umum.
Melihat dari sisi bahasa , media sosial
bisa maknai sebagai sarana untuk kita berkomunikasi dan berbagi. Makanya, dalam
dunia internet seperti blogging atau Facebook, dikenal istilah SHARE (berbagi).
Bahkan, setiap blog atau situs selalu menyediakan fasilitas social share,
terutama Facebook, Twitter, dan Google Plus.
Jika kita mencari definisi media sosial
di mesin pencari google, dengan mengetikkan kata kunci "social media
meaning", maka Google menampilkan pengertian media sosial sebagai
"websites and applications used for social networking" --website dan
aplikasi yang digunakan untuk jejaring sosial.
Istilah lain media sosial adalah
"jejaring sosial" (social network),
yakni jaringan dan jalinan hubungan secara oline di internet. Karenanya,
menurut Wikipedia, media sosial adalahsebuah media online, dengan para penggunanya (user) bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi (sharing), dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring
sosial, wiki, forum, dan dunia virtual.