Selasa, 23 Februari 2016

Mengenal E-Commerce PT Tokopedia

Apa kabar sahabat blogger, kali ini saya akan membahas tentang Commers Tokopedia.com. Dan untuk mempersingkat waktu, kita bisa simak langsung ulasanya dibawah ini :

           Tokopedia.com adalah salah satu website E-commerce terbesar di Indonesia yang dimiliki dan dijalankan PT. Tokopedia. Tokopedia menyedialan sarana penjualan dari customer-ke-kustomer dimana siapa saja bisa membuka took online yang melayani calon pembeli dari seluruh Indonesia. User, yang sering disebut tokopediawan, bisa menual barang baru maupun bekas melalui produk Tokopedia.

SEJARAH

          
         Tokopedia.com resmi didirikan kepada public pada tanggal 17 agustus tahun 2009 dibawah kendali PT Tokopedia yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leotinus Alpha Edhison pada 6 Febuari 2009, sejak resmi didirikan, PT Tokopedian ini Awalnya  menerima pendanaan awal sebesar 2,5miliyar dari PT. Indonusa Dwitama. Yang merupakan perusahaan investasi di bidang tambang dan kelapa sawit,
         Kemudian tokopedia juga selanjutnya menerima dana investasi lebihlanjut dari East Ventures, yaitu perusahaan yang berbasis di singapura yang focus terhadap investasi kepada bisnis internet yang sedang berkembang. Tokopedia mempunya 56,538 pengguna terdaftar,5,984 toko daring, dan 115,617 produk yang ditawarkan. Pada periode Agustus 2009 hingga Agustus 2010, Tokopedia menetapkan total transaksi sebesar 6 miliyar rupiah.
Tokopedia juga mencetak Sejarah sebagai perusahaan teknologi pertama di Asia Tenggara, yang menerima investasi sebesar 1,2 triliun dari Sequoia Capital dan SoftBank internet dan Media inc (SIMI).

Sekian dulu pembahasan Materi kali ini, selanjutnya kita akan membahas lebih lengkap dan rinci mengenai E-Commerce PT Tokopedia :D



Analisis Sistem E-commerce Bukalapak.com

Apa kabar sahabat blogger, sebelumnya Pada pertemuan ke-2 mata kuliah E-Bussines, Penulis berdiskusi dengan rekan sekelompok tentang E-Comerence atau biasa di sebut juga bisnis dengan media online.
Pada kesempatan itu penulis dengan rekan sekelompok membahas tentang Bukalapak.com
Menganalisa bagaimana prosedur untuk berlapak dan sebagai pembeli, mitra pembayarannya seperti apa dan metode dengan fitur apa saja yang ada pada Bukalapak.
Membahas tentang prosedur tentang pelapakan dan pembelian kita pertama membahas tata cara pelapak melakukan penjualan produk/item yang ingin di jual :
·        Pelapak tentu harus daftar terlebih dahulu dan login di bukalapak, kemudian harus memfoto dan memberi judul item/produk yang ingin di jual dan lalu ke tahap mengelola penjualan
·        Pelapak mengupload produk yang ingin dijual dan mengelola harganya, Pelapak juga bisa memantau transaksi pada menu transaksi, Setiap transaksi memiliki 5 status: Menunggu, Dibayar, Dikirim, Diterima, dan Selesai.
·        Pengemasan dan pengiriman barang, pada tahap ini pelapak akan menerima email, notifikasi dan sms Pada setiap pembeli yang telah berhasil melakukan pembayaran. Pada tahap ini status transaksi adalah dibayar
·        Pelapak menerima uang dan feedback dari pembeli yang telah menerima barang,feedback positif meningkatkan kepercayaan pembeli
Prosedur pembeli pada buka lapak :
·        Pembeli harus login di bukalapak ataupun bisa tanpa mendaftar di bukalapak, tetapi bila tanpa mendaftar pembeli harus mengisi form yang disediakan di situs bukalapak
·        Pembeli memilih item/produk yang diiklankan oleh pelapak lalu pilih jumlah nya kemudian klik beli dan bila pembeli belum mendaftar akan ada isian form > memilih metode pembayaran > konfirmasi pembayaran.
·        Pelanggan dapat melakukan pembayaran ke rekening Bukalapak melalui BukaDompet, Mandiri ClickPay, BCA KlikPay, CIMB Clicks , Kartu Visa/Mastercard, alfamart ataupun Transfer
·        Pelanggan memberi ulasan pada pelapak dan pada tahap ini transaksi dianggap selesai.

Buka lapak mendapatkan dana dari akun-akun premium yang berbayar, sehingga bukalapak sedikit mendapati iklan pada webnya. 
Pada pencarian ada metode sorting dari hasil yang relevansi,terbaru,termurah dan termahal
Terdapat forum dan blog yang melengkapi bukalapak ini sehingga pembeli dan pelapak bisa nego harga maupun sharing tentang pengalamannya selama bertransaksi melalui bukalapak.


Riview E-comerce traveloka.com

Apa kabar sahabat blogger,Jika pada sebelumnya penulis membahas tentang E-Commerce penjualan barang ataupun produk.
Kali ini penulis akan mengulas dan meriview bisnis e-commerce traveloka.com
              Traveloka adalah salah satu situs populer pencarian tiket pesawat dan hotel terkemuka di Asia Tenggara, yang melayani lebih dari 18.000 rute penerbangan dan ribuan hotel di kawasan Asia Pasifik
Untuk Memesan online dengan Traveloka sangat mudah.Kamu hanya butuh 6 langkah berikut ini:
  • Cari tiket pesawat/hotel kamu dengan mengetik tujuan/durasi inap pada kolom pencarian.
  • Memilih tiket pesawat/hotel yangkamu inginkan dengan mengeklik “Book Now”.
  • Detail pemesanan tiket pesawat/hotel akan muncul dan kamu perlu mengonfirmasinya.
  • Isi data kontak dan data penumpang/tamu, kemudian,
  • Pilih metode pembayaran yang kamu inginkan lalu lakukan transaksi pembayaran.
  • Setelah tiu kamu akan menerima e-tiket/voucher hotel setelah pembayaran kamu berhasil dikonfirmasikan oleh pihak traveloka.
  • Dan Setelah pembayaran kamu sukses diterima pihak traveloka, e-tiket maupun bukti konfirmasi pesan kamar hotel (voucher hotel) akan dikirimkan langsung melalui email Kamu. Bukti pembelian juga terdapat di email yang sama.
  • Costumer servise yang siap melayani kamu selama 24 jam sangat membantu bila kamu masih bingung dengan cara pemesanan tiket.
  • kamupun dapat mengubah atau membatalkan pemesanan kamu itu melalui menu ‘Pemesanan Saya’ di akun , lalu klik ‘Refund’ pada pemesanan yang ingin dibatalkan atau ubah.
  •  Pastikan juga kamu telah membaca dan mengerti kebijakan hotel yang telah kamu booking.

traveloka bekerja sama dengan maskapai atau hotel tertentu, sehingga tidak perlu penayangan iklan pada webnya untuk keuntungannya.


Analisi Sistem Commerce pada Lazada.co.id

Apa kabar Sahabat blogger, di posthingan sebelumnya saya membahas tetang Pengertian E-commerce. Pada kesempatan ini, saya akan membahas penganalisisan tentang (Commers) pada Lazada.co.id
Nah sebelum itu, alangkah lebih baik kita memahami tentang pengertian Commers.

                Commers (Electronic commers) merupakan Sistem Electronic seperti internet,televise,word wide web,atau jaringan computer lainya yang mencakup pembelian,penjualan,pemasaran barang dan jasa. Emommers juga melibatkan transfer dana electronic,pertukaran data electronic,system manajemen inventori otomatis,dan system pengumpulan data otomatis.
                Seperti halnya pada Lazada.co.id terdapat system commers yang mencakup pembelian, penjualan, dan pemasaran barang dan jasa dll, Lazada Indonesia merupakan pusat belanja online yang menawarkan berbagi macam jenis produk dengan menerapkan konsep E-bay
 seperti :
-          Elektronik komputer
-          Buku
-          Mainan anak dan perlengkapan bayi
-          Alat kesehatan
-          Produk kecantikan
-          Peralatan rumah tangga
-          Perlengkapan Trsveling
-          Perlengkapan olahraga
-          Gadget dan handpone

1.       Cara menggunakan Layanan Lazada :
Untuk menggunakan layanan berbelanja di lazada, tentu pengguna diwajibkan untuk memiliki akun terlebih dahulu. Untuk mendaftar/membuat akun, bisa diakukan dengan klik login pada halaman muka Lazada, lalu akan muncul pop-up untuk login dan disitu ada menu untuk daftar, untuk pendaftaran akun cukup dengan mengisi kolom-kolom data yang tersedia di situ. Dibutuhkan alamat E-mail juga untuk mendaftar akun di Lazada, apabila mengalami kesulitan dengan pendaftaran akun dengan metode pengisian data, jangan khawatir kita juga bisa login dengan akun alamat Facebook.

2.       Cara melakukan pembelian produk :
o   Pembeli memilih produk yang akan dibeli
o   Kemudian memeriksa informasi produk juga bisa ratting pembilian produk
o   Lalu konfirmasi troli belanja

3.       Cara melakukan Pembayan produk :
o   Pertama pembeli memasukan e-mail pada form yang tersedia
o   Kemudian menginputkan informasi/alamat pengiriman
o   Lalu memilih metode pembayan

4.       Cara melakukan konfirmasi  :
o   Pembeli membuat pesanannya
o   Kemudian pembeli mengkonfirmasi pesanan produk di Lazada

Lazada South East Asia (Lazada SEA) beranggotakan : Indonesia, Thailand, vienam, dan philipina, Lazada SEA juga merupakan salah satu bagian dari E-commers asal jerman Rocket internet Gmbh.
Lazada.co.id juga menjamin keamanan bagi pelangganya dalam melakukan proses transaksi jual-beli melalui website yang digunakan pada halaman checkout troli dan setelah login. Enskripsi yang digunakanya adalah High-Grade encryption ( TLS_ECDHE_RSA_WITH_RCA_128_SHA, 128 bit keys, dengan begitu semua data informasi pelanggan akan di lindungi keamananya.
Penjual di Lazadapun bekerja sama dengan pihak Lazada dan di manage, sehingga proses transaksi lebih terpercaya.





Mengenal E-Commerce (Electronic Commers) (Part 1)

Apakabar sahabat blogger, kali ini saya membuat blogger tugas matkul E-Bussiness. 
pada posthingan pertama saya akan membahas tentang Commerce, 

Nah sebelum itu, alangkah lebih baik kita mengetahui tentang pengertian Commers.

  Commers (Electronic commers) merupakan Sistem Electronic seperti internet,televise,word wide web,atau jaringan computer lainya yang mencakup pembelian,penjualan,pemasaran barang dan jasa. Emommers juga melibatkan transfer dana electronic,pertukaran data electronic,system manajemen inventori otomatis,dan system pengumpulan data otomatis.
Menurut para ahli commerce di jelaskan dalam berbagai macam :


·  Komunikasi, E-Commerce adalah pengiriman informasi, barang dan jasa, melalui jaringan telepon atau jalur komunikasi lainya.
·       Layanan, E-Commerce adalah aplikasi yang digunakan untuk mengurangi biaya dalam pesanan pengiriman barang.
·     Proses bisnis, E-Commerce adalah aplikasi teknologi yang menuju agar transaksi bisnis yang otomatis.

·  Online, E-Commerce adalah suatu layanan menyediakan kemampuan untuk menjual dan membeli barang melalui internet dan jaringan online lainya.