Senin, 29 Februari 2016

Mengenal Dampak Negatif dari E-Commerce

Apakabar sahabat blogger, kali ini penulis akan membahas tentang Dampak yang di Timbulkan dari E-Commerce, yuk, mari kita simak pembahsan materinya.

Di dalam dunia E-Commerce, bukan hanya kita akan selalu mendapatkan hal yang positif, kita juga akan menemukan beberapa hal yang negatifnya, oleh karena itu dalam penggunaan E-Commerce kita harus lebih berhati-hati, Dampak yang di timbulkan dari E-Commerce biasanya terjadi karena :


Dampak negativenya, yaitu :
>>Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan. Disebabkan oleh seorang penipu mentransfer uang dari rekening satu ke rekening lainnya atau dia telah mengganti semua data finansial yang ada.
>>Pencurian informasi rahasia . Gangguan yang timbul bisa membuka semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.
>>Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini sifatnya yaitu sebagai kesalahan non-teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam.
>>Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak semestinya. Misalkan seorang hacker yang berhasil membobol sebuah sistem perbankan. Setelah itu dia memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri.
>>Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.
>>Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja, ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, kesalahan faktor manusia, kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik

Analisis Mengenal Tujuan IDEA

Apakabar sahabat blogger, kali ini penulis akan membahas tentang Mengenal Tujuan IDEA, yukk, mari kita simak pembhasan materinya.
Melalui idEA¸ para pelaku bisnis e-commerce diajak untuk memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomis negara secara efektif melalui bidang e-commerce. Sebagai rencana jangka panjang, idEA bercita-cita menjadikan Indonesia sebagai negara dengan ekonomi berbasis digital terbesar di Asia Tenggara.
Meskipun keberadaan ahli e-commerce di Indonesia masih sangat sedikit, namun hal tersebut berupaya diwujudkan melalui serangkaian kegiatan dan proses edukasi tentang bisnis e-commerce bagi masyarakat.
oleh karena itu indonesia masih membuka lebar untuk bisnis e-commerce dan membutuhkan para pebisnis e-commerce.



Analisis Mengenal IDEA

Apakabar sahabat blogger, kali ini penulis akan membahas tentang Mengenal IDEA , yukk, mari kita simak pembhasan materinya.
Indonesia adalah salah satu surga bagi perkembangan bisnis e-commerce. Jumlah penduduk yang banyak dan pemanfaatan teknologi internet yang semakin meluas adalah faktor yang mendukung perkembangan bisnis e-commerce. Jadi, tidak mengherankan kalau bisnis e-commerce tumbuh subur dengan inovasi dan ide-ide orisinal yang sangat inovatif.
Untuk mendukung perkembangan bisnis e-commerce di Indonesia, dibutuhkan suatu organisasi untuk mewadahi hubungan antar para pelaku bisnis e-commerce. Alasan inilah yang kemudian melandasi dibentuknya idEA.

APA ITU IDEA?

idEA adalah singkatan dari Indonesia E-commerce Association atau Asosiasi E-commerce Indonesia. idEA didirikan dengan tujuan untuk mewadahi hubungan dan komunikasi yang efektfi bagi para pelaku bisnis e-commerce di Indonesia. Selain itu, idEA juga menjadi salah satu organisasi yang mendukung komunikasi dengan pihak pemerintah dalam hal regulasi terkait dengan kepentingan industri. Sehingga diharapkan kondisi bisnis e-commerce di Indonesia bisa berkembang secara maksimal dan mendapat dukungan dari pemerintah.

Resmi didirikan pada Mei 2012, ada 10 bisnis e-commerce besar yang menjadi tim penggagas idEA, diantaranya yaitu Blibli.com, Berniaga.com, Bhinneka.com, DealGoing.com, Kaskus.co.id,Multiply.com, Gramedia.com, Plasa.com, TokoBagus.com (Olx) dan Tokopedia.com.

Analisis Proses Transaksi pada E-Commerce Elevenia

Apakabar sahabat blogger, kali ini penulis akan membahas tentang Analisis Proses Transaksi Di E-Commerce Elevenia, yukk, mari kita simak pembhasan materinya.
Mengenai proses transaksi jual beli di Elevenia, seperti yang sudah saya katakan sebelumnya Elevania menggunakan sistem Escrow sebagai pihak ketiga dalam proses pembayaran. Pada tahap 1, pembeli melakukan transaksi pembelian dan membayar melalui fasilitas pembayaran yang disediakan Elevenia atau yang disebut Escrow tadi. Selanjutnya pada tahap 2, Elevenia akan memberi notifikasi pada penjual bahwa ada transaksi pembelian yang masuk.
Setelah mendapat pemberitahuan dari Elevenia, maka di tahap ke 3 penjual akan mengirimkan barang pada pembeli. Pada tahap keempat pembeli harus melakukan konfirmasi apabila barang telah diterima. Dan tahap terakhir yakni tahap ke 5, Elevenia akan melakukan pencairan dana pada penjual setelah menerima konfirmasi pembeli. Mungkin bagi rekan rekan yang pernah transaksi online di Forum jual beli Kaskus pasti sudah faham tentang proses tersebut.
Bertransaksi dengan Elevenia akan memberikan jaminan keamanan pada penjual maupun pembeli dan menghindarkan terjadinya penipuan. Ada dua paket keanggotaan yang ditawarkan Elevenia pada penjual, yakni penjual individu dan penjual atas nama perusahaan, detilnya bisa Anda baca di websitenya. Disamping itu bagi para pembeli, tersedia pula keanggotaan bagi pembeli yang mendaftarkan aktivitas pembelian. Tentunya Elevania menawarkan kemudahan bagi para member pembelinya.



Analisis Contoh-Contoh E-Commece yang ada diIndonesia

Apakbar sahabat blogger, kali ini penulis akan membahas Contoh E-Commerce di Indonesia, yukk, mari kita simak pembahsanya.
Situs jual beli online atau lebih populer disebut e-Commerce di Indonesia bisa dibilang kian mendominasi konsumen. Apalagi, akses internet serta penetrasi smartphone yang meningkat semakin memudahkan para penggunanya untuk berbelanja online.
Menurut data yang dirilis biro riset Frost & Sullivan, bersama China, Indonesia menjadi negara dengan pertumbuhan pasar e-Commerce terbesar di dunia dengan rata-rata pertumbuhan 17 persen setiap tahun.
Melihat besarnya potensi ekosistem jual beli online yang semakin digeluti konsumennya, tak heran jika kegiatan berbelanja online kini telah menjadi gaya hidup yang digandrungi oleh banyak orang. Hal ini pun mendorong munculnya berbagai toko online baru yang hadir untuk bersaing di industri pasar online Indonesia.
Kali ini saya akan membeberkan daftar lima (5) situs e-commerce terbaik di Indonesia yang paling sering dikunjungi konsumen. Berdasarkan data yang dirilis situs Alexa, berikut 5 situs e-Commerce terbaik di Indonesia
>>Bukalapak.
>>Lazada Indonesia.
>>Tokopedia.
>>Olx.
>>Elevenia.