Sabtu, 27 Februari 2016

Mengenal Sejarah E-Commerce Tokobagus.com yang berubah Menjadi OLx.com

        Apakabar sahabat blogger, di posthingan sebelumnya penulis membahas tentang E-Commerce di Indonesia seperti di E-Commerce Lazada.com, Tokopedia, Amazon dan Bukalapak.com, Nah kali ini penulis akan membahas Mengenal Tokobagus.com yang berubah Menjadi OLx , yukk mari kita simak pembahasan materinya.

Tokobagus.com adalah sebuah situs iklan baris yang berfokus kepada aktifitas jual beli di Indonesia. Semua iklan yang ada di situs ini dibuat oleh penggunanya sendiri, baik yang menjual maupun mencari barang. Situs ini dikelola oleh perusahaan bernama PT Tokobagus.

            Sejarah
                Tokobagus didirikan pada tanggal 9 Juni 2005 oleh dua orang pemuda asal Belanda, Arnold Sebastian Egg dan Remco Lupker. Arnold yang kala itu sedang berlibur di pulau Bali mendapatkan ide setelah melihat  perkembangan pesat situs e-commerce di Amerika, amazon.com. Menilai dari geografis Indonesia yang terdiri dari berbagai kepulauan dengan jumlah penduduk yang sangat besar, maka tercetuslah ide untuk membuat situs Tokobagus.
                     Pada tahun 2010, PT Tokobagus akhirnya hijrah ke Jakarta setelah  membangun usaha selama 5 tahun di Denpasar, Bali.
                     Pada tahun 2014 tokobagus.com mengganti nama menjadi olx.co.id OLX sendiri adalah sebuah merek e-commerce global yang dimiliki oleh Naspers. Perusahaan itu telah berinvestasi di Tokobagus pada tahun 2010.
                    
                     Asal Nama Tokobagus
                    Nama Tokobagus berasal dari kata "Toko" dan "Bagus", kata Toko dipakai dengan tujuan agar setiap pengguna bisa membuka toko (online) nya sendiri. Sedangkan kata "Bagus" didapat Arnold lantaran ia sering melihat kata bagus digunakan untuk nama toko di Indonesia.


                    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar